Pencemaran Udara Sebab dari 5,5 Juta Kematian Dini Tiap Tahun

By , Minggu, 24 April 2016 | 13:00 WIB

Polusi udara bertanggung jawab untuk lebih dari 5,5 juta kematian dini setiap tahun, dengan lebih dari setengahnya berasal dari Cina dan India. Para ilmuwan memperingatkan jumlah korban kematian dini akan naik selama 20 tahun ke depan, kecuali dunia melakukan sesuatu untuk melawan masalah ini. Studi baru ini dilakukan oleh para peneliti dari China, India, Amerika Serikat dan Kanada, memperkirakan tingkat polusi udara di Cina dan India dampaknya terhadap kesehatan.

"Polusi udara adalah faktor risiko tertinggi keempat kematian secara global, dan faktor risiko lingkungan terkemuka untuk suatu penyakit," kata profesor Michael Brauer dari University of British Columbia. "Mengurangi polusi udara adalah cara yang sangat efisien untuk meningkatkan kesehatan populasi,"tambah Brauer.

China, India

Laporan ini menyimpulkan bahwa Cina dan India, dua negara yang paling padat penduduknya di dunia, juga memiliki udara paling kotor di dunia. Para ahli mengatakan partikulat kecil materi yang dipancarkan ke atmosfer dua negara tersebut 55 persennya menyebabkan kematian akibat polusi udara di seluruh dunia.

Dan Greenbaum, presiden dari Health Effect Institute di Boston, sebuah organisasi nirlaba yang menganalisis efek kesehatan dari berbagai sumber polusi udara, mengatakan bahwa hidup di daerah dengan polusi tinggi dapat menyebabkan orang untuk memiliki peningkatan penyakit jantung, paru-paru, dan mati prematur sebagai hasilnya. "

Greenbaum mencatat bahwa dalam ruangan memasak kontribusi signifikan terhadap polusi udara dan biaya dalam kehidupan manusia.

"Itu adalah masalah yang sangat penting di China dan India, meskipun agak kurang di Cina, di mana mereka telah mulai memindahkan sumber daya ke propana dan gas alam untuk tidak lagi menggunakan batu bara," katanya.

"Tapi di India, sebuah jumlah yang sangat signifikan dari orang-orang yang sangat miskin masih membakar kayu dan bahan bakar biomassa, kotoran sapi dan sumber-sumber lain. Dan yang menciptakan eksposur besar di dalam ruangan untuk para ibu dan anak-anak, misalnya, yang sedang memasak atau di dekat kompor. "

Beberapa langkah yang diambil

Di Cina, sementara itu, sumber terbesar dari polusi udara adalah pembakaran batubara, meskipun Greenbaum mengatakan China mulai melakukan sesuatu tentang masalah secara keseluruhan.

"Mereka sudah memperketat standar mereka untuk kendaraan baru, mereka telah membersihkan bahan bakar mereka, dan mereka sudah benar-benar berkomitmen untuk mengurangi batubara mereka," katanya.

Kkemajuan ekonomi di Amerika Serikat, Eropa Barat dan Jepang juga memberikan kontribusi terhadap tingginya tingkat polusi udara, menurut laporan tersebut.

Para ahli medis mengatakan polusi udara menyebabkan penyakit jantung, kanker paru-paru dan penyakit pernafasan lainnya. Hanya tekanan darah tinggi, pola makan yang buruk, dan rokok membunuh lebih banyak orang setiap tahun dari polusi udara.

Penelitian terbaru tentang polusi udara dipresentasikan pada konferensi di sana Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Washington.