Dua Puisi J.R.R. Tolkien yang Hilang Ditemukan dalam Majalah Sekolah

By , Senin, 11 April 2016 | 17:00 WIB

Dua puisi yang ditulis oleh John Ronald Reuel Tolkien, pengarang kisah The Lord of the Rings ditemukan di sebuah majalah sekolah. Puisi yang berjudul “The Shadow Man” dan “Noel” ditulis pada tahun 1936 ketika Tolkien menjadi profesor di Oxford University.

Puisi-puisi tersebut ditemukan oleh Wayne Hammond, seorang pustakawan yang dikenal dengan penelitian dan karya tulisnya tentang Tolkien.

Suatu hari, Hammond menemukan sebuah catatan dari Tolkin, yang menyebutkan bahwa pengarang kisah The Hobbit itu telah mempublikasikan dua puisi dalam sebuah majalah yang ia sebut sebagai The Abingdon Chronicle.

Hammond menyadari bahwa itu adalah majalah tahunan Our Lady's school, sebuah sekolah berbasis Katolik Roma. Ia segera menghubungi kepala sekolah Our Lady, Stephen Oliver.

“Awalnya kami tidak dapat menemukan edisi tahun 1936 dan merekomendasikan Hammond untuk mencari arsip dari Sisters of Mercy di London,” tutur Oliver.

“Tapi saat menyiapkan sebuah acara untuk alumni sekolah, kami menemukan salinan majalah dan menemukan dua puisi yang dicari Hammond,” tambahnya.

The Shadow Man” menceritakan kisah seorang pria yang selalu tinggal sendirian, sampai akhirnya wanita berpakaian abu-abu datang kepadanya dan bayangan mereka menjadi satu. Potongan ini merupakan versi sebelumnya dari sebuah puisi yang diterbitkan pada tahun 1962. Puisi kedua, “Noel”, merupakan kisah natal yang berfokus pada Perawan Maria.

“Fokusnya adalah Maria, yang mungkin menjadi alasan mengapa Tolkien menulis puisi untuk majalah sekolah, mengingat kami mendedikasikan diri untuk ‘Our Lady’,” kata Oliver.

Pihak sekolah menyatakan rencananya untuk menampilkan potongan puisi tersebut untuk dalam sebuah pameran suatu hari nanti.