Sepasang Sayap di Luar Angkasa

By , Jumat, 19 Februari 2016 | 19:00 WIB

Teleskop Hubble kembali memotret gambar mengagumkan untuk melengkapi koleksi foto-foto astronominya yang terus berkembang. Dalam foto di atas, dapat kita lihat sepasang sayap simetris yang spektakuler milik nebula planet Hen 2-437 di galaksi Bima Sakti.

Cangkang gas yang bercahaya dan meluas yang terlihat jelas pada gambar tersebut merepresentasikan tahapan akhir kehidupan bintang tua dengan massa rendah hingga menengah.

Bintang tersebut tak hanya melepaskan lapisan terluarnya, tapi juga mengekspos sisa-sisa inti bintang yang menerangi lapisan-lapisannya. Hen 2-437 nampaknya menyemburkan lapisan terluar dan sisa –sisa intinya dari dua titik, membuatnya disebut nebula bipolar.

Meskipun sudah lama para astronom ragu mengapa hal ini terjadi, tahun lalu, Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory (ESO) di Cili telah mengamati bintang merah raksasa bertransformasi menjadi bintang katai putih.

Para peneliti menemukan sumber cahaya kedua tak jauh dari bintang itu, dan menyimpulkan bahwa kedua bintang ini berinteraksi. Diyakini bahwa bintang katai putih tersebut mengorbit pada bintang pasangannya dan lapisan gas yang terlontar dari bintang yang sekarat itu justru membentuk seperti sepasang sayap alih-alih bola.