<i>Lethologica</i>, Istilah Ketika Kita Kesulitan Mengingat Kata

By , Jumat, 13 Mei 2016 | 09:00 WIB

Pernahkah Anda kesulitan mengingat sebuah kata, yang sebetulnya merupakan kata sehari-hari dan biasa diucapkan? Kesulitan mengingat kata-kata disebut juga Lethologica. Letchologica adalah sebuah istilah teknis saat kita melupakan kata-kata yang sebetulnya mudah, tapi seperti hilang dari memori kita.

Lethologica, merupakan istilah dari Yunani. Letheberarti melupakan, dan logos berarti kata-kata atau ilmu pengetahuan. Dalam mitologi Yunani,Lethe adalah salah satu dari lima sungai di bawah tanah, di mana jiwa-jiwa yang mati meminum air sungai ini untuk melupakan kenangan duniawi.

Temuan dari kata ini dipopulerkan oleh seorang Psikolog Carl Jung, di awal abad ke-20. Namun, jauh sebelumnya, di tahun 1915, kata ini termasuk di dalam sebuah kamus kedokteran, Dorland’s American Ilustrated Medical Dictionary. Dalam kamus itu, Lethologica diartikan sebagai ketidakmampuan untuk mengingat kata yang tepat.

Otak kita tidak bekerja seperti komputer, yang mana data disimpan dengan rapi, dan saat ingin mengambilnya, hanya perlu menekan tombol atau sistem. Seorang Psikolog Tom Stafford mengemukakan, memori otak kita memang ajaib dan luar biasa, tapi respon yang diberikan adalah respon sesuai dengan asosiasi dari informasi baru yang masuk ke otak, bukan repon langsung saat kita ingin mengingat atau mengucapkannya.

Memanggil ulang (recall) kosakata bisa jadi hal yang sulit. Terkadang, banyak kata yang kita pahami, tapi jarang diucapkan sehari-hari. Kata-kata yang berasal dari kosakata pasif ini bisa jadi penyebab kita mengalami Lethologica.

Tak jarang pula, kata-kata yang sebetulnya sering kita ucapkan, justru malah sering kita lupakan. Hal ini disebabkan karena pikiran kira membuat asosiasi dan pola yang saling berhubungan. Kemampuan kita mengingat kata bergantung pada keterhubungan pola yang dibuat oleh otak untuk menghasilkan kata-kata.

Penyebab lain, karena begitu banyak kata yang tersimpan dalam otak, kita kesulitan untuk mengingatnya dalam waktu singkat.

Lethologica, selain sebuah istilah untuk kesulitan mengingat kata, bisa juga memiliki arti, kesulitan mengoreksi kata yang sudah kita ingat namun salah diucapkan.