Tatanan Rambut Nyentrik ala Laba-Laba Merak

By , Selasa, 23 Februari 2016 | 08:00 WIB

Mereka dikenal karena warna yang mencolok dan gerak kaki elegan, tetapi spesies terbaru laba-laba merak jantan memiliki sesuatu yang lain dalam upaya untuk merayu lawan jenis, yakni model perut berbulu nyentrik. Makhluk kecil nan indah ini dikenal sebagai Maratus fimbriatus. Laba-laba ini ditemukan oleh ahli biologi, Jürgen Otto dan rekannya David Hill, dan telah dipaparkan dalam jurnal akses terbuka Peckhamia.

Spesies dari arakhnida Maratus asli berasal dari Australia, dan karena laba-laba jantan memiliki warna dan ritual kencan yang menakjubkan, mereka terkenal sebagai laba-laba merak. Makhluk yang biasanya kecil, dengan M. fimbriatus yang baru-baru ditemukan hanya memiliki ukuran panjang sekitar 4 milimeter.

Para jantan mengandalkan lebih dari sekedar penampilan memukau mereka dalam upaya mendapatkan perhatian dari betina. Mereka menggembungkan organ sutra yang berputar dan membalik mereka, mereka kemudian melanjutkan dengan melakukan sedikit tarian.

Pertunjukan ini dapat bervariasi cukup banyak antar spesies, khususnya pamer perut seperti kipas dan sebaliknya melambaikan kakinya di atas dirinya sendiri dan "bertepuk tangan" saat melonjak. Sedangkan M. fimbriatus lebih memilih cara tradisional, mereka membalik perut dan berlari dari satu sisi ke sisi lain, melambaikan bagian dari tubuhnya yang seperti pompom.