Jumlah Pelamar Astronot NASA Meningkat

By , Sabtu, 9 April 2016 | 14:00 WIB

Jumlah orang yang tertarik menjadi astronaut NASA meningkat tahun ini. Bahkan, memecahkan rekor pelamar terbanyak. (Baca NASA Buka Lowongan Astronot untuk Misi Luar Angkasa)

Berdasarkan laporan National Aeronautics and Space Administration (NASA), ada 18.300 orang yang tertarik bergabung pada kelas astronaut NASA 2017. Jumlah tersebut merupakan tiga kali lipatnya dari pelamar pada 2012. Rekor pelamar terbanyak sebelumnya terjadi pada 1978 dengan 8.000 orang.

Charlie Bolden dari NASA mengatakan, ia tidak terkejut dengan jumlah pelamar yang sebanyak itu. “Saya yakin banyak warga Amerika dari latar belakang berbeda ingin berkontribusi pada petualangan menjelajahi Mars,” ujarnya. Charlie menambahkan, calon astronaut itu nantinya akan diluncurkan ke luar angkasa.

Pendaftaran astronaut NASA mulau dibuka pada 14 Desember lalu. Dengan jumlah sebanyak itu, kerja keras tim NASA pun dimulai. Selama 18 bulan ke depan, mereka hanya akan memilih 8-14 pelamar. Kandidat yang terpilih nantinya akan menjalani latihan selama dua tahun sebelum memenuhi misi di luar angkasa.