7 Gejala Tubuh yang Tak Boleh Dianggap Sepele

By , Kamis, 25 Februari 2016 | 16:00 WIB

Jika fungsi tubuh ada yang terganggu, kita pasti merasakan berbagai gejala-gejala tertentu. Terkadang gejala itu kita anggap biasa. Tapi, kita tidak boleh menganggap sepele gejala tubuh. Ada beberapa gejala tubuh yang tak boleh dianggap sepele, yaitu:

1. Merasa cemas

Mengalami kecemasan menjadi hal yang biasa terjadi bagi kita. Perlu diketahui bahwa sebanyak 75% orang yang mengalami kecemasan ternyata kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium dapat mengakibatkan insomnia hingga menurunkan kesuburan. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam.

2. Luka kulit yang tidak sembuh-sembuh

Kulit yang mengalami iritasi dan tidak kunjung sembuh dapat menjadi salah satu tanda kanker kulit. Selain itu, bekas luka yang tak kunjung hilang menjadi pertanda terjadinya kerusakan pada kulit serta jaringan kulit. Anda bisa menggunakan pelembap atau obat penghilang bekas luka. Jika tak hilang juga, Anda harus segera ke dokter.

3. Rambut rontok

Rambut rontok memang bisa disebabkan Anda yang sedang stres atau faktor keturunan. Namun, rambut rontok juga menjadi gejala tubuh yang tak boleh dianggap sepelekarena terjadi ketidakseimbangan hormon serta terjadinya kekurangan gizi. Diet yang tidak seimbang dapat mengakibatkan kurang gizi dan berujung pada rambut rontok. Jadi, pastikan diet yang Anda lakukan tidak mengurangi kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti protein dan lemak.

4. Migrain

Ketika migrain Anda mungkin lebih memilih untuk mengonsumsi obat penghilang nyeri. Tapi, tahukah Anda migrain disebabkan oleh pembuluh darah yang kaku sehingga aliran darah ke kepala jadi berkurang? Artinya Anda kurang mengonsumsi magnesium dan mineral di mana kedua zat ini dapat mengurangi ketegangan. Pastikan obat yang Anda konsumsi mengandung magnesium tinggi.

5. Darah rendah

Pusing karena tekanan darah yang terlalu rendah sering dianggap hal yang biasa. Banyak yang menganggap darah rendah terjadi karena kurang makanan yang mengandung lemak. Tapi, darah rendah sangat berisiko terhadap otak. Tekanan darah rendah membuat produksi asam amino yang disebut excitotoxins terganggu. Padahal asam amino ini sangat berguna bagi saraf otak. Darah rendah juga bisa mengganggu mood. Pola makan yang seimbang dapat menjadi cara untuk menangani darah rendah.

6. Perubahan pada tahi lalat

Tahi lalat merupakan salah satu tumor paling jinak pada kulit yang paling sering ditemui di tubuh manusia. Anda perlu memantau apakah tahi lalat mengalami perubahan, baik dalam segi ukuran dan warna. Tahi lalat yang tidak berbentuk bulat, permukaannya bergerigi, serta warna berubah menjadi putih atau biru, dapat menjadi tanda-tanda kanker kulit. Perubahan tersebut bisa jadi merupakan salah satu gejala tubuh yang tak boleh dianggap sepele.

7. Kelelahan

Gejala ini menjadi gejala yang paling tidak dihiraukan. Banyak orang yang menganggap kelelahan bisa diatasi hanya dengan beristirahat. Padahal, asupan makanan yang tidak seimbang menjadi penyebab mengapa Anda cepat lelah. Magnesium menjadi unsur penting yang sering terlupakan. Padahal zat makanan ini sangat baik untuk menyimpan energi. Tubuh memerlukan 700mg- 800mg magnesium setiap hari untuk membantu kecukupan energi.