Mencuci Piring dapat Membersihkan Pikiran Kita ?

By , Sabtu, 27 Februari 2016 | 16:00 WIB

Kesadaran diri sering dikaitkan dengan meditasi, refleksi, dan keadaan yang dapat menenangkan pikiran kita. Kalau dengan melakukan pekerjaan rumah tangga ? sama sekali tidak pernah terlintas dipikiran kita.

Namun menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Florida State University menunjukkan bahwa hal sederhana seperti mencuci piring dapat benar-benar mendorong sebuah keadaan mindfulness, yang memiliki hubungannya dengan peningkatan kesehatan tubuh, mengurangi tingkat stress dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebanyak lima puluh mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mindfulness. Hanya sebanyak setengah dari jumlah partisipan yang diajarkan untuk berfokus dalam pengalaman yang menenangkan dari mencuci piring, seperti merasakan aroma sabun, merasakan busa-busa sabun, suhu air serta bentul dan desain dari cucian tersebut.

Para peserta yang tersisa yang bertindak hanya sebagai pengatur grup, difokuskan dalam melihat pekerjaan mencuci piring yang sudah selesai dilakukan.

Penemuan dari penelitian ini sangat signifikan. Para siswa yang belajar mengenai pendekatan mindful dalam mencuci piring dilaporkan mempunyai penurunan sebesar 27 persen dalam tingkat gugup mereka dan peningkatan sebesar 25 persen dalam mental stimulation setelah selesai mencuci piring. Sedangkan untuk kelompok yang hanya mengontrol pekerjaan kelompok pencuci piring tidak mendapatkan keuntungan apa-apa, Penelitian ini juga menyarankan untuk mereka yang sudah memaksa dan memperkerjakan pikiran mereka secara keras untuk menjadikan kegiatan mencuci piring sebagai salah satu bentuk terapi yang mudah untuk menenangkan pikiran tersebut.

"Saya memiliki minat di dalam hal mindfulness selama bertahun-tahun, baik itu sebagai praktisi kontemplatif dan sebagai seorang peneliti," kata Adam Hanley, salah satu penulis dari penelitian ini dalam sebuah pernyataan.

"Saya juga tertarik dalam bagaimana kegiatan duniawi di dalam hidup dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri (mindful) dan meningkatkan seluruh rasa dalam hidup yang lebih baik."

Penemuan ini pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal.