Gay atau Biseksual Memiliki Risiko Terinfeksi HIV sebesar 50 kali

By , Rabu, 22 Juni 2016 | 20:00 WIB

Warga Amerika hanya memiliki satu persen risiko terinfeksi virus AIDS, namun pria berkulit hitam homoseksual dan biseksual memiliki risiko lebih sebesar 50 persen terinfeksi virus AIDS, menurut data federal.

Seperempat homoseksual latin dan biseksual akan terinfeksi selama masa hidup mereka, menurut analisa penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention.

Dan jika diurutkan sesuai dengan wilayah, daerah bagian selatan, mulai dari Texas dan Florida memiliki risiko tertinggi terinfeksi HIV daripada wilayah lainnya.

"Homoseksual dan biseksual pria yang lebih mungkin terserang HIV di Amerika Serikat , satu dari enam pria yang melakukan hubungan seks dengan pria lainnya (MSM) akan terdiagnosa dengan HIV sepanjang hidupnya , dengan 79 kali lebih mungkin terinfeksi daripada pria heteroseksual yang akan terdiagnosa memiliki HIV sepanjang masa hidupnya," lapor Kristen Hess pemimipin kelompk dari CDC.

"Orang-orang yang menggunakan narkoba juga memiliki risiko terinfeksi lebih tinggi."

Laporan yang dirilis dalam Konferensi Retrovirus dan Infeksi Oportunistik di Boston adalah laporan pertama yang melihat risiko pada masa hidup seseorang yang berisiko terinfeksi HIV dapat menyebabkan AIDS.

"Dari semuanya, perkiraan risiko pada masa hidup seseorang yang terdiagnosa dengan HIV adalah 1,05 persen, yang memiliki arti bahwa dari sekitar 3 juta warga Amaerika (1 dari 99 orang) akan terdiagnosa terkena HIV selama hidup mereka," kata CDC dalam sebuah pernyataan.

"Diantara semua pria yang diperkirakan memiliki risiko adalah 1 dari 62 orang dan untuk wanita kemungkinan terinfeksi adalah satu dari 221 wanita lainnya. Dari semua umur, pria memiliki risiko lebih tinggi diperkirakan berisiko dibandingkan dengan wanita."

Dalam hal lainnya, penyebaran infeksi melalui hubungan seksual akan menginfeksi wanita lebih sulit. HIV juga tersebar melalui darah, dari seorang ibu pada bayi nya dan melalui jarum suntik.

Warga Afrika-Amerika juga memiliki risiko paling tinggi di Amerika Serikat . Setidaknya satu dari 19 pria kulit hitam Amerika akan terinfeksi oleh HIV sepanjang hidupnya sedangkan satu dari 46 wanita kulit hitam akan terinfeksi HIV sepanjang hidupnya. Dan ketika seseorang pria kulit hitam dan homoseksual, mereka akan berisiko sangat tinggi.

"Saat ini, satu dari dua pria Afrika-Amerika yang berhubungan seksual dengan sesame pria (MSM) dan 1 dari 4 seorang Hispanic MSM akan terdiagnosa dengan HIV sepanjang hidupnya, dibandingkan dengan 1 dari 11 pria kulit putih yang berhubungan seksual dengan sesame pria," kata CDC.

Wilayah dengan risiko tertinggi terinfeksi HIV ialah Maryland, dimana satu dari 49 orang akan terinfeksi, Georgia dengan satu dari 56 orang akan terinfeksi, Florida dalam satu dari 54 orang, dan Lousiana sebanyak 1 dari 56 orang. Sedangkan sebagai kota urban, Washington DC memiliki risiko tertinggi dalam angka 1 dari 13 orang akan terinfeksi HIV sepanjang masa hidupnya.