Kelebihan Garam Berpotensi Sebabkan Kerusakan Hati

By , Rabu, 2 Maret 2016 | 09:00 WIB

Seserpih taburan garam dapat melezatkan rasa hampir semua hidangan. Tapi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Baru-baru ini, ilmuwan bernama Xuesong Yang dan rekan-rekannya melaporkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan kerusakan hati. Penelitian mereka diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Tubuh kita membutuhkan sejumlah kecil garam. Ion natrium dari garam membantu mengatur aliran air dalam tubuh dan melakukan impuls saraf.

Akan tetapi, sebagian besar dari kita mengkonsumsi lebih banyak garam daripada yang seharusnya. Para peneliti mengindikasikan bahwa selain menyebabkan tekanan darah tinggi, konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati.

Xuesong Yang dan rekan-rekannya menyelidiki efek potensial di tingkat sel. Mereka memberikan tikus dewasa makanan tinggi garam. Natrium yang berlebihan dikaitkan dengan sejumlah perubahan di hati hewan, termasuk sel yang berbentuk aneh, peningkatan kematian sel dan penurunan proliferasi sel, yang dapat berkontribusi pada pengembangan fibrosis.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti juga menemukan bahwa vitamin C cukup efektif mengobati sel-sel yang rusak dan tampaknya bisa melawan efek buruk yang disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan.