Bayam dan Brokoli Dipercaya Dapat Menyembuhkan Penyakit Kronis

By , Selasa, 1 Maret 2016 | 20:00 WIB

Brokoli adalah sayuran luar biasa. Sayur ini dapat mencegah kerusakan DNA dan penyebaran Kanker metastatik, mengaktifkan pertahanan terhadap pathogen dan polusi, membantu mencegah limfoma, meningkatkan enzim yang dapat mendetoksifikasikan hati kita, menagetkan sel kanker payudara dan mengurangi risiko kanker prostat.

Komponen yang bisa melakukan hal tersebut disebut sulforaphane yang dibentuk hampir secara eksklusif fi sayuran luar biasa ini, termasuk rocket, Brussels sprouts, kol, kembang kol, sawi hijau, lobak, kale,sawi putih, lobak, dan selada.

baca juga : Konsumsi Lemak Dapat Menyelamatkan Jutaan Jiwa dari Penyakit Jantung

Sulforaphane juga dapat melindungi otak dan penglihatan kita, mengurangi alergi, peradangan hidung dan mengelola diabetes tipe 2.

Sayur ini bahkan baru-baru ini ditemukan dapat membantu mengobati autisme. Sebuah penelitian yang melibatkan secara acak anak laki-laki dengan autisme menemukan bahwa setidaknya dua sampai tiga porsi sayuran dalam sehari dapat meningkatkan interaksi soisal, perilaku abnormal dan komunikasi verbal dalam hitungan minggu.

Namun ada hal yang perlu kita ketahui, untuk mendapatkan semua keuntungan kesehatam dari sulforaphane, kita haru memakan sayuran ini dalam keadaan mentah atau dengan metode Hack and Hold Methode.

Hal tersebut terjadi karena ada sebuah enzim yang tidak bisa mengaktifkan sulforaphane sampai brokoli mentah tersebut di dipotonga atau dikunyah. Dan Enzim tersebut akan hancur ketika dimasak, kecuali kita ingin menunggunya beberapa menit.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan ialah memotong brokoli atau sayuran luar biasa lainnya dan lalu tunggu hingga 40 menit. Setelahnya, kita bisa memasaknya.

Bagaimana dengan brokoli beku? Sayangnya, produsen brokoli beku memiliki hanya sedikit bahan pembentuk sulforaphane karena sayuran ini sebelumnya dimasak terlebih dahunu sebelum dibekukan.

baca juga : Anak-anak yang Memiliki Alergi Berisiko Terkena Penyakit Jantung saat Dewasa

Kita harus sudah mulai untuk mendapatkan sebuah sajian dalam satu minggu yang mengandung sayur-sayuran , temasuk rocket, bayam, kale, salad hijau muda, mustard greens, sorrel bayam dan swiss chard.

Dari semua kelompok makanan yang dianalisa oleh sebuah kelompok peneliti dari Harvard University, menengaskan bahwa sayur-sayuran memiliki hubungannya dengan perlindungan paling kuat melayan penyakit kronis .

Bayam memiliki sekitar 20 persen mengurangi risiko serangan jantung dan stroke untuk setiap tambahan menu makanan setiap harinya.

Sayuran hijau mengandung pigmen tanaman yang disebut klorofil. Klorofil ini membantu meregenerasi molekuil yang disebut koenzim Q10 sebuah antioksidan penting yang dapat melawan gejala-gejala penyakit. Memakan makananan yang kaya akan klorofil dapat memberikan peran penitng dalam penurunan kolestrol daripada dengan meminum obat.

baca juga : Ini Akibatnya pada Tubuh Jika Malas Bergerak