Indonesia Mengajak Perusahaan Teknologi Ternama Tiongkok untuk Menarik Wisatawan

By , Rabu, 22 Juni 2016 | 18:00 WIB

Sebagai salah satu perusahaan berbasis teknologi dan media ternama di dunia dan mesin pencari nomor satu di Tiongkok, Baidu ditetapkan sebagai salah satu mitra oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesiauntuk meningkatkan edukasi keindahan pariwisata Indonesia bagi masyarakat Tiongkok.

Kemitraan ini penting dilakukan atas dasar rendahnya minat para wisatawan Tiongkok untuk pergi berwisata ke Indonesia. Selain hal itu, masyarakat Tiongkok juga menempati urutan peringkat teratas di dunia dalam jumlah wisatawan atau kegiatan berbelanja ketika sedang melakukan perjalanan keluar negeri.

Menurut UNWTO 2015, Jumlah wisatawan Tiongkok yang melakukan perjalanan keluar negeri dari tahun ke tahun terus memperlihatkan peningkatan yang signifikan.

Pada tahun 2015 jumlah wisatawan Tiongkok yang melakukan travelling ke luar negeri mencapai 100 juta orang. Banyaknya jumlah wisatawan Tiongkok merupakan potensi yang sangat besar dan harus ditangani secara strategis guna mencapai target untuk mendatangkan sebanyak 10 juta wisatawan Tiongkok pada tahun 2019, ujar menteri Pariwisata Indonesia, Arif Yahya.

Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia, mengatakan, "Kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia kepada Baidu sungguh membanggakan kami. Baidu saat ini memiliki sekitar 600 juta pengguna di Tiongkok, dan salah satu produk kami, Baidu Travel adalah salah satu platform nomor satu di Tiongkok. Wisatawan Tiongkok juga sudah menjadikan Baidu Travel sebagai referensi utama online untuk berwisata ke Luar negeri."

Melalui Kemitraan ini, Baidu akan berkontribusi dalam menyelenggarakan berbagai macam lokakarya yang bertujuan untuk mengedukasi para penyedia informasi dunia pariwisata Indonesia secara online, seperti biro perjalanan,pengelola destinasi wisata dan penyedia layanan penginapan atau perhotelan.

Pemahaman Baidu yang tinggi terhadap perilaku wisatawan Tiongkok dalam mencari informasi-informasi wisata menarik, gaya penyampaian informasi seperti apa yang dapat menarik perhatian mereka, akan disampaikan oleh Baidu di setiap pelaksanaan lokakarya dan diharapkan akan menjadi referensi yang bermanfaat bagi penyedia informasi wisata Indonesia dalam menyampaikan ulasannya secara atraktif.

"Menyediakan informasi online yang informatif dengan gaya penyajian menarik sesua perspektif masyarakat Tiongkok merupakan salah satu kunci penting dalam memikat mereka untuk mengunjungi Indonesia. Sebab mayoritas dari wisatawan Tiongkok akan menggunakan sumber-sumber informasi online sebagai referensi utama dalam menentukan destinasi yang hendak mereka kunjungi. Untuk itu, penting bagi kami untuk berbagi informasi seputar apa yang diharapkan oleh wisatawan Tiongkok, bagaimana strategi untuk menghadirkan pengalaman wisata yang mengesankan bagi wisatawan Tiongkok, bagaimana membangun informasi online yang menarik dan sesuai kebutuhan mereka, beragam studi kasus dan saran-saran penting lainnya yang bermanfaat bagi para penyelenggara jasa biro perjalanan maupun penginapan," tambah Bao Jianlei.