Bernyanyi Memiliki Efek Seperti Obat Penenang

By , Rabu, 2 Maret 2016 | 19:00 WIB

Sejalan dengan bertumbuhnya popularitas kelompok bernyanyi, sains telah mencoba untuk menjelaskan mengapa bernyanyi memiliki efek menenangkan sekaligus memberi energi pada orang.

Peneliti menemukan bahwa bernyanyi memiliki efek seperti obat penenang yang sempurna, menenangkan saraf dan membangkitkan semangat Anda. Ketika bernyanyi, tubuh melepaskan hormon Oksitosin, hal ini mungkin menjelaskan mengapa banyak studi telah menemukan bahwa bernyanyi mengurangi perasaan depresi dan kesepian.

Dalam sebuah studi membuktikan bahwa seorang penyanyi memiliki kadar kortisol lebih rendah, yang berarti menunjukkan stres yang lebih rendah. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesenangan hati tersinkronisasikan selama bernyanyi dengan kelompok dan terasa seperti sebuah meditasi.

Berbagai studi telah menemukan bahwa bernyanyi mengurangi kecemasan dan memberikan kontribusi untuk kualitas hidup. Dr. Julene K. Johnson, seorang peneliti yang telah fokus pada penyanyi yang lebih tua, baru-baru ini meneliti kelompok bernyanyi sebagai metode untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang dewasa yang lebih tua.

Tentu saja Anda tidak perlu menjadi seorang penyanyi profesional untuk mendapatkan manfaat dari bernyanyi. Menurut salah satu studi 2005, kelompok bernyanyi dapat menghasilkan sensasi yang memuaskan dan seperti sebuah terapi. Bahkan jika suara yang dihasilkan oleh instrumen vokal tidak terlalu bagus atau biasa-biasa saja.