Berikut Dua Lokasi Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Yogyakarta

By , Sabtu, 5 Maret 2016 | 13:00 WIB

Fenomena langka gerhana matahari total yang akan berlangsung pada 9 Maret 2016 di Indonesia. Meski hanya 11 provinsi di Indonesia yang menjadi jalur lintasan, peristiwa ini tetap mendapat perhatian dari masyarakat luas. Beberapa daerah telah menyiapkan acara agar dapat menyaksikan gerhana matahari bersama-sama. Salah satunya di Yogyakarta.

Salah satu lokasi yang disiapkan untuk menyaksikan gerhana matahari total adalah Tugu Yogya. Pada 9 Maret 2016, Taman Pintar bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan komunitas pecinta astronomi Penjelajah Langit menyelenggarakan kegiatan pengamatan bersama yang terbuka bagi masyarakat umum.

Rencananya, acara tersebut dimulai pukul 06.00 - 09.00 WIB. Puncak fenomena ini diperkirakan terjadi pukul 07.23 WIB.

Selain di Tugu Yogya, acara pengamatan gerhana matahari total akan diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan. “Tim Gerhana (Tiger) UAD juga akan melakukan observasi terbuka untuk masyarakat Yogyakarta dan penelitian pada 9 Maret mendatang,” ungkap Kepala Pusat Studi Astronomi UAD Yudhiakto Pramudya, seperti dikutip dari Metrotvnews.

Di Yogyakarta sendiri, persentase gerhana yang dapat terlihat sebesar 83%.

Sebelum fenomena gerhana matahari total terjadi, pihak Taman Pintar melakukan sosialisasi mengenai cara pengamatan gerhana secara benar melalui pamphlet dan poster ke berbagai sekolah di wilayah Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir bahaya pengamatan dengan mata telanjang akibat kurangnya pengetahuan terhadap gerhana matahari.