Tips Memotret GMT dengan Telepon Genggam

By , Selasa, 8 Maret 2016 | 19:00 WIB

Pada dasarnya, telepon genggam tidak berbeda dengan kamera normal, kecuali (umumnya) dia tak bisa dilepastukarkan lensanya. Selain itu, telepon genggam umumnya juga tidak punya pengaturan kecepatan rana.

Namun, bukan tidak mungkin telepon genggam dipakai untuk memotret proses gerhana matahari total (GMT) tanggal 9 Maret. Seluruh wilayah di Indonesia bisa menyaksikan GMT meskipun selain di lintasan utama, matahari tidak tertutup penuh. Akan tetapi, justru di tempat-tempat matahari tidak tertutup penuh inilah, pemotretan dengan telepon genggam bisa lebih masuk akan untuk dilakukan.

Simak tips memotret GMT dengan Telepon Genggam dari fotografer Harian Kompas, Arbain Rambey.

1. Kalau ingin memotret lebih detail, Anda bisa membeli lensa tele tambahan di toko-toko aksesori.

2. Untuk meredam cahaya matahari yang terlalu kuat, bisa dipakai kacamata khusus gerhana yang sudah banyak dijual di beberapa toko buku. Peredam cahaya bisa juga memakai fil rontgen bekas di bagian gelapnya atau plastic pelapis kaca mobil 60 persen dua lapis yang bisa dibeli di toko-toko aksesori mobil.

3. Kalau memakai tele tambahan, usahakan Anda memakai tripod agar mendapatkan kestabilan dan akurasi pemotrean yang baik. Penghubung telepon egnggam dengan tripod adalah penjepit yang ada di tongkat narsis (tongsis).

4. Kalau Anda memutuskan tidak memakai tele, Anda tetap bisa memotret GMT. Namun dengan pemahaman bahwa pemotretan tidak semata pada mataharinya, tetapi juga dengan memasukkan alam sekitarnya. Untuk mendapatkan foto yang baik, usahakan ada “landmark” yang khas dan menarik, misalnya jembatan Ampera di Palembang.

5. Memotret gerhana dengan memasukkan alam sekitarnya hanya bisa dilakukan saat pencahayaan kepada alam sekitar dan kepada matahari seimbang. Hal ini hanya bisa dilakukan saat matahari tertutup sebagian. Sekali lagi, hanya bisa dilakukan saat matahari tertutup sebagian. Kalau matahari sudah tertutup total, tak ada gambar yang bisa didapat sama sekali. Kalau matahari masih sebagian besar terbuka, yang akan terekam hanya lingkungannya. Mataharinya total putih saja.

6. Sebelum memotret, penting bagi Anda untuk membersihkan lensa ponsel dari minyak jari yang akan mengurangi mutu gambarnya nanti.