Saat Gerhana, Burung Kuntul Kecil Kembali ke Sarangnya Seolah Hendak Tidur

By , Rabu, 9 Maret 2016 | 12:30 WIB

 Sekumpulan burung kuntul kecil (Egretta garzetta) menunjukkan respon mereka akan gerhana matahari yang terjadi Rabu (9/3/2016) pagi.

Saat bayangan bulan mulai menutupi matahari, sekelompok burung itu terbang meninggalkan Danau Limboto, Gorontalo.

Mereka kemudian kembali ke pinggir danau dan bertengger di batang pohon. Suasana Danau Limboto yang terang benderang berubah temaram secara perlahan.

Cahaya matahari tampak redup seperti ketika sore menjelang malam. Ratusan burung kuntul kecil ini hanya diam di ranting-ranting pohon, seperti setiap sore menjelang tidur di pohon yang sama.

“Awalnya saya lihat sekelompok kuntul kecil terbang, saya perhatikan mereka diikuti oleh kelompok lain dan ternyata mereka menuju pohon yang berada di belakang desa” kata Idham Ali, fotografer Masyarakat Fotografi Gorontalo yang saat itu sedang mengabadikan gerhana matahari di desa Iluta, Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (9/3/2016).

Idham Ali menambahkan, kuntul kecil biasa ditemukan sedang mencari makan di Danau Limboto. Burung-burung itu biasanya pulang ke pohon yang seolah menjadi tempat tidurnya menjelang malam.

“Mungkin karena gerhana matahari membuat suasana menjadi gelap, kuntul kecil tersebut mengira sudah menjelang malam, mereka kembali ke pohon tempat tidurnya” kata Idham Ali.