Selai Kacang untuk Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

By , Minggu, 13 Maret 2016 | 12:00 WIB

Kita pasti merasa senang ketika makanan yang kita suka juga baik untuk kesehatan kita. Kabar baik untuk kita pecinta selai kacang, kandungan selai kacang yang penuh dengan nutrisi seperti vitamin E, magnesium, zat besi, selenium dan bahkan vitamin B6. Sebuah penelitain menunjukkan bahwa seseorang yang teratur memakan kacang-kacangan dan selai kacang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

baca juga : 6 Makanan yang Bisa Gantikan Fungsi Sikat Gigi

Jika diantara dari kita masih belum yakin dengan manfaat dari selai kacang, mungkin beberapa hal di bawah dapat menjadi beberapa pertimbangan:

1. Mengenyangkan. Kandungan serat dan protein dapat membuat kita tetap kenyang hingga tiba saatnya makan siang. Sebuah penelitian dari British Journal of Nutrition menemukan bahwa beberapa orang yang memakan kacang atau selai kacang untuk sarapan dapat mengurangi perasaan lapar hingga pukul jam 12 siang.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan selai kacang yang dapat meningkatkan produksi PYY, sebuah hormon yang dapat menjaga tubuh kita tetap kenuang, menurut penelitan tersebut.

2. Menjaga tubuh tetap langsing. Karena selai kacang membantu dalam mengontrol selera makan, tidak heran jika selai kacang juga dapat membantu tubuh tetap langsing. Para penikmat kacang kemungkinan memiliki massa tubuh (BMI) yang lebih sehat, menurut penelitian.

3. Melindungi tubuh dari kolesterol. Kacang mengandung sumber lemak sehat yang dapat memerangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Wanita yang memakan setidaknya lima kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 44 persen daripada mereka yang jarang sekali memakan kacang, menurut sebuah penelitian milik Harvard University.

Baca juga : Daftar Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah

4. Bermanfaat untuk rambut dan kulit. Kacang-kacangan mengandung biotin, sebuah vitamin B yang penting untuk rambut dan juga vitamin E yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

5. Mencegah Diabetes tipe 2. Kacang-kacangan secara alami mengandung karbo yang rendah,sehingga dapat mencegah gula darah dan kacang-kacangan adalah makanan yang sangat cocok untuk para penderita diabetes tipe 2.

baca juga : Kacang Bisa Jadi Pengganti Daging