Cabai untuk Memperpanjang Umur Kita ?

By , Minggu, 13 Maret 2016 | 07:00 WIB

Makanan pedas memang identik dengan makanan khas Asia. Sebagian besar orang Asia sudah akrab dengan rasa pedas dalam masakannya. Namun apakah kita sudah mengtahui bahwa ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari konsumsi makanan pedas, termasuk kemungkinan untuk mendapatkan umur panjang, meskipun hanya sedikit.

Tapi sama seperti dengan hal lain, makanan pedas memiliki sisi baik dan buruknya juga. Berikut penjelasannya :

Manfaat yang Baik

1. Dorongan untuk memperoleh umur yang panjang : Sebuah studi pada tahun 2015 yang melibatkan lebih dari setengah juta masyarakat Tiongkok menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi pedas dalam enam kali seminggu dapat mengurangi risiko kematian sebesar 14% selama penelitian tujuh tahun.

2. Berat badan : Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa cabai dapat membantu mengekang nafsu makan dan mempercepat metabolism dalam tubuh kita. Dalam penelitian pada tahun 2011, para peneliti dari Purdue University menemukan orang merasa lebih kenyang setelah memakan makanan yang pedas. Studi sebelumnya juga menemukan bahwa seseorang yang sudah mengkonsumsi makanan pedas memiliki lebih sedikit lemak pada tubuhnya. Hal tersebut mungkin dikarenakan oleh efek pada metabolism, kata Dr Gregory Thorkelson, asisten professor daro departemen psikiatri dan gastroenterology dari University of Pittsburgh.

3. Efek Anti-peradangan: Ada sebuah data yang menunjukkan bahwa capsaicin yang terdapat di dalam cabai dapat membantu meringankan kondisi autoimun, seperti rheumatoid arthritis, Thorkelson mengatakan bahwa jenis penyakit ini jarang terjadi di Negara-negara yang memiliki banyak makanan yang pedas untuk dikonsumsi.

4. Efek anti-mikroba: Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin memiliki efek anti-bakteri dan kemungkinan memiliki efek anti-jamur meskipun pada tingkat yang sedikit,kata Thorkelson. Itulah sebabnya mengapa cabai juga digunakan sebagai salah satu pengawet alami pada makanan.

Manfaat yang buruk

1. Capsaicin pengencer darah: Mungkin memang tidak menjadi masalah bagi beberapa orang, dan mungkin menjadi manfaat bagi mereka yang kondisi tubuh yang sehat. Tetapi jika Kita sedang dalam pengobatan seperti warfarin, capsaicin dapat menyebabkan masalah dengan menipiskan darah terlalu banyak, kata Thorkelson.

2. Wasir : Salah satu karakter yang kurang baik dari capsaicin adalah capsaicin tidak dapat dicerna dengan baik oleh system pencernaan kita.Karena sulit dicerna, mengkonsumsi banyak makanan pedas akan menimbulkan masalah pada dubur kita.