Connie, Robot yang Dapat Membantu Mempromosikan Wisata Lokal dan Resto Pilihan

By , Sabtu, 12 Maret 2016 | 19:00 WIB

Jika Anda memeriksa sebuah hotel mewah, anda pasti mengharapkan sebuah sambutan yang hangat, namun sambutan tersebut kemungkinan akan biasa ditemukan dan didapatkan dari sebuah robot yang dingin.

Hotel Hilton di seluruh dunia dan IBM saat ini bergabung untuk menguji sebuah robot penyimpanan bernama 'Connie' pada hotel di Virginia.

Robot Humanoid menggunakan perangkat Al milik IBM yang disebut Watson untuk menjelaskan kepada para tamu tentang wisata lokall dan kelebihan hotel dan juga memberikan para turis tempat makan malam ternama.

baca juga : Mahasiswa Binus Buat Robot yang Jago Berbahasa Indonesia

Ini adalah kali pertamanya IBM membuat robot Watson untuk melayani para pengunjung menggunakan NAO humanoid robot yang sebelumnya sudah digunakan untuk bermain sepak bola dan menolong para pengajar ketika di dalam sekolah.

Robot yang terkoneksi dengan Wi-Fi memiliki '25 Degrees of freedom' dan memiliki bentuk seperti manusia yang berarti ia dapat berdiri tegak secara seimbang.

Sensor yang ada di dalam robot dapat membuatnya memahami lingkungan sekitar robot ini sementara sebuah mikrofon dan pengeras suara digunakan untuk mendengar dan berbicara.Connie emnggunakan system computer kognitif dan mesin pembelajaran untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang hotel misalnya, dan mempelajari setiap interaksi yang terjadi disekitarnya.

Secara khusus, robot ini terbentuk dari kombinasi dari Watson APls, termasuk Dialog, perkataan ke tulisan, dari tulisan ke dalam perkataan dan pengklasifikasian bahasa., yang dapat memungkinkan robot ini untuk menyambut para tamu ketika mereka tiba dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai hotel, beramah tamah dan pelayanan hotel.

baca juga : Peneliti Kesepian Ciptakan Robot Mabuk untuk Teman Minum

Robot yang ramah ini akan terlihat di sekitar Hotel Hilton McLean yang berada di Virginia.

Bagaimanapun, Connie tidak akan mengganti keberadaan manusa, kecuali bekerja bersamaan dengan para pekerja yang berada di hotel untuk membantu memenuhi permintaan para tamu.Semakin banyak tamu hotel yang berinteraksi dengan Connie, semakin banyak ia mempelajari hal baru, beradaptasi dan meningkatkan rekomendasinya.

Jonathan Wilson, vice president dari inovasi produk, mengatakan "kami saat ini sedang focus dalam memberikan pengalaman perjalanan yang lebih canggih, mudah dan lebih dinikmati bagi para pengunjung."

baca juga : NASA Kembangkan Robot 'Manusia' untuk Misi ke Mars