Saudara Kembar di Vietnam Miliki Dua Ayah Berbeda

By , Sabtu, 19 Maret 2016 | 17:00 WIB

Bayi kembar dari Vietnam diketahui memiliki ayah yang berbeda. Berita aneh ini memang bukanlah pertama kalinya terjadi di dunia seperti yang diberitakan oleh BBC News. (Baca : 5 Faktor yang Berpengaruh Dapatkan Bayi Kembar)

Ketika dua saudara non identik lahir, keluarganya memperhatikan salah satu anak yang tidak mirip dengan kerabat lainnya. Setelah mekakuan tes DNA, kedua bayi dikonfirmasi setengah- bersaudara.

Biasanya, kembar non identik terjadi ketika dua sel telur dibuahi dua sperma berbeda, namun kedua sel sperma milik orang yang sama. Jenis kembar ini lebih jarang terjadi pada kehamilan, yang dikenal sebagai superfekundasi heteropaternal, terjadi ketika sel telur wanita dibuahi dua lelaki dalam waktu yang sangat singkat, umunya dalam waktu 48 jam.

(Baca pula : Mungkinkah Bayi Kembar Lahir dari Dua Ayah yang Berbeda?)

Professor Le Dinh Luong, president Vietnam Genetic Association di Hanoi yang memeriksa tes DNA menyatakan pada BBC News bahwa hanya terdapat kurang dari 10 kasus yang pernah terjadi dari kelahiran yang aneh ini.

“Mungkin saja ada kasus lain, namun orang tua atau anak kembar tersebut tidak menyadari atau tidak mau mengungkapkannya,” ujar Prof. Luong.