Maroko Membuat Kompleks Tenaga Surya Terbesar di Dunia

By , Selasa, 15 Maret 2016 | 10:00 WIB

Dessert Complex akan menyediakan tenaga listrik untuk lebih dari 1juta penduduk ketika sudah selesai, membantu Negara Afrika untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan energinya pada tahun 2030.

Raja Maroko saat ini sedang memasuki tahap pertama pembakit listrik tenaga surya dan akan menjadi pembangkit listrik terbesar di dunia ketika selesai.

Pembangkit listrik yang berada di tepi gurun Sahara ini akan berukuran sebesar pusat kotanya yang akan selesai pada tahun 2018 dan menyediakan tenaga listrik untuk 1,1 juta penduduk.Noor 1, wilayah pertama yang berada di kota Ouarzazate, menyediakan sekitar 160 megawatt dari kapasiras sebesar 580MW yang kemudian membantu Maroko untuk mengurangi ratusan ribu ton emisi karbon per tahun.

baca juga : Pertamina Komitmen Bangun PLTS 1.000 MW dalam Lima Tahun ke Depan

"Pada pukul 2 siang, Raja akan menekan sebuah tombol, dan kemudian kaca parabola akan mulai berputar, panas matahari akan mulai menggerakkan turbin dan lalu panel akan dihidupkan," kata Maha el-Kadiri, seorang juru bicara dari Masen, agensi energy terbarukan Maroko.

Raja Mohammed VI kemudian akan mendanai Noor 2, wilayah berikutnya dari kompleks tata surya. Noor 1 seharusnya sudah dibuka pada bulan Desember namun tertunda oleh kekhawatiran yang tidak menentu, kata el-Kadiri.

Setelah alat ini dinyalakan, setiap panel akan menyediakan energi listrik tenaga surya untuk 650.000 penduduk lokal mulai dai pagi hingga tiga jam setelah matahari terbenam.

"Ini adalah proyek yang sangat,sangat menjanjikan di Afrika,"kata Mafalda Duarte, manager of Climate Investment Funds (CIF), yang menyediakan dana sebesar $435 juta (300 juta Euro) dari kebutuhan dana dari proyek ini sebesar $9bn.

Negara di Afrika Utara berencana untuk menghasilkan 42% energy dari energy terbarukan pada tahun 2020 mendatang, dengan sepertiga jumlahnya berasal dari matahari, angin dan tenaga air .

baca juga : Google Gandakan Penggunaan Energi Terbarukan

CIF memperkirakan bahwa jika bank-bank internasional dan pemerintah lain mengerahkan 5GW energy surya lainnya, makan biaya listrik dapat turun sebesar 14%. Dan jika dihitung-hitung pencapaian energy surya sebesar 15GW akan memotong biaya sebesar 44%.

Sebesar $3,9 miliyar telah diinvestasikan ke dalam Ourzazate solar complex, termasuk $1 miliyar dari German Investment Bank KfW, $596 juta lainnya dari European Investmen Bank dan $400 juta dari World Bank.

Jika hal ini sudah berhasil, energy yang dihasilkan akhirnya akan diekspor ke Eropa Utara, dan ke arah timur yakni ke Mekkah, serta juga akan menyediakan sumber energy yang aman untuk di rumah.