Masyarakat Tanpa Tidur, Apa Jadinya

By , Selasa, 22 Maret 2016 | 20:00 WIB

Bagaimana Anda memulai pagi Anda? Apakah Anda seperti kebanyakan orang yang bangun, lalu mandi, berpakaian, dan kemudian mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein  (entah itu espresso, teh, americano) ? Kebanyakan dari kita beralih ke kafein untuk memberikan suntikan semangat untuk melewati hari.

(Baca : Berapakah Waktu Tidur yang Ideal untuk Para Remaja ?)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS baru-baru ini melakukan studi nasional. Mereka mengungkapkan bahwa 35 persen orang Amerika tidak mendapatkan tidur tujuh jam  seperti yang direkomendasikan untuk tidur malam secara teratur.

Bayangkan ! Lebih dari sepertiga ! Tren ini memang bukan hal baru, mengingat selama beberapa dekade terakhir penelitian telah menunjukkan tentang kurangnya tidur yang dialami masyarakat. Beberapa masalah dikaitkan dengan insomnia dan masalah kesehatan lainnya, tetapi bagaimana dengan masyarakat lainnya yang bebas dari masalah kesehatan ? Sadar atau tidak, kita seringkai membatasi waktu tidur, yang berarti bahwa jadwal dan perilaku kita memotong waktu tidur kita.

Sebagai masyarakat, kita tidak menghargai nilai tidur. Pikirkan tentang hal ini: Bekerja pada kondisi kurang tidur hampir dipandang sebagai lencana keberanian, seakan kurang tidur berarti bahwa Anda telah berkembang menjadi semacam manusia super yang tidak perlu hal-hal duniawi seperti makanan, air dan tidur.

Pada banyak kalangan profesional, jika Anda mengirim email ke kantor pada pukul 2 pagi, bos Anda akan berpikir bahwa Anda adalah seorang pekerja keras - bukan seseorang yang menempatkan tidur di bagian bawah daftar prioritas nya.

Selain stres karena tantangan keuangan, tuntutan rumah tangga dan tugas harian menyulitkan untuk tidur, adapula masalah baru menambah faktor sulit tidur, yakni gadget dan media sosial. Perangkat tersebut tidak hanya memiliki efek fisiologis dengan memancarkan cahaya biru yang membuat sulit untuk tertidur, tetapi mereka juga memiliki efek psikologis dengan mengalihkan kita tidak hanya dari stres, tetapi juga dari kualitas tidur.

Puncak dari semua ini adalah bahwa kita menjadi masyarakat tanpa tidur. Tetapi, karena kita memiliki ketergantungan besar terhadap kafein, justru menjadikan kurang tidur sulit untuk disadari.

(Baca juga : Hal-hal yang Seharusnya Anda Tak Lakukan Sebelum Pergi Tidur)

Jadi, cobalah hentikan ketergantungan anda terhadap kafein untuk memulai pagi dengan semangat dari hasil tidur yang berkualitas