Bahaya Masak Kentang Goreng yang Terlalu Kering

By , Selasa, 22 Maret 2016 | 19:00 WIB

Jika Anda suka kentang goreng Anda dimasak sampai garing, Anda mungkin ingin menyesuaikan preferensi selera Anda, namun hati-hati dengan masakan yang terlalu kering. (Baca : Kentang, Energi Alternatif Bagi Lampu LED)

Food and Drug Administration (FDA) AS baru-baru ini mengeluarkan pedoman baru tentang makanan yang dipanaskan seperti kentang goreng. Makanan yang dimasak pada suhu tinggi terlalu lama mungkin mengandung kadar tinggi akrilamida, bahan kimia yang telah ditemukan menyebabkan kanker pada hewan.

Menurut ahli kimia FDA Lauren Robin, bentuk akrilamida lebih sering dalam makanan nabati, seperti kentang, sereal dan buah-buahan kering selama proses penggorengan. Bahan kimia terwujud dari gula dan asam amino yang secara alami ditemukan dalam jenis-jenis makanan.

Menurut Asosiasi Grocery Produsen, hampir mustahil untuk sepenuhnya menghindari akrilamida, karena senyawa ini ditemukan sekitar 40 persen dari rata-rata kalori yang orang Amerika makan, namun, ada beberapa cara untuk mengurangi substansi berpotensi kanker.

Pertama, tidak menyimpan kentang di kulkas. Hal itu dapat meningkatkan akrilamida selama proses memasak, menurut American Cancer Society. (Baca pula : Tumbuhan Terong dan Kentang dalam Satu Tanaman)

Sebaliknya, kentang harus disimpan di luar kulkas dalam gelap, tempat yang kering. Ketika memasak kentang dan bahan nabati, pilihlah yang warna coklat kuning atau keemasan bukan coklat. Daerah coklat mungkin berisi lebih dari bahan kimia. Hal yang sama berlaku untuk roti, pangganglah hingga warna coklat muda dan tidak boleh menghitam.

Selamat memasak dengan aman!