Perlukah Kita Menggunakan Obat Kumur?

By , Minggu, 27 Maret 2016 | 08:00 WIB

Rasanya sangat menyenangkan untuk membersihkan mulut dengan penyegar atau mouthwash. "Banyak orang menikmati sensasi membilas mulut dengan penyegar setelah sikat gigi," kata Matt Messina, anggota American College of Dentist dan juru bicara American Dental Association. "Mereka merasa, obat kumur bisa membersihkan semua kotoran," tambahnya. Dan, hal tersebut benar. Namun, perlukah kita menggunakan obat kumur?

Messina mengatakan, obat kumur bisa membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang bersembunyi di celah-celah mulut Anda. Namun, sebenarnya hal itu juga bisa dilakukan oleh air. "Saya lebih senang mengatakan kalau obat kumur merupakan pembersih tambahan dan bukan pengganti," papar Messina. Artinya, kita harus tetap menyikat gigi dan mengecek kondisi gigi ke dokter setiap enam bulan sekali.

Sejak 1990-an, beberapa studi mengatakan obat kumur yang memgandung alkohol dapat berkontribusi dalam perkembangan kanker oral. Namun, studi di tahun 2014 dari Eropa mendebat hasil penelitian itu. Para ahli mengatakan, studi-studi itu tidak hanya cacat, tapi juga hanya fokus kepada penggunaan obat kumur secara berlebihan.

Meskipun Anda sangat bersemangat menggunakan obat kumur, tidak ditemukan adanya kaitan antara mouthwash yang mengandung alkohol dengan risiko kanker. Namun, perlu diingat, alkohol bisa membuat mulut kering dan kekurangan cairan. Jadi, lebih baik pilih obat kumur tanpa alkohol jika Anda memiliki masalah mulut kering dan bau.

Terkait obat kumur yang mengandung antiseptik atau anti bakteri, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi diri. Jika Anda memiliki masalah gusi atau bakteri mulut, mouthwash yang mengandung anti bakteri mungkin bisa membunuhnya. Namun, tetap perlu konsultasi dengan dokter gigi terkait manfaat dan risiko penggunaan obat kumur tersebut.

Bagi Anda yang memiliki mulut dan gigi yang sehat, pilihlah obat kumur tanpa kandungan alkohol ataupun antiseptik. "Beberapa obat kumur mengatakan bahwa rasa geli merupakan tanda bahwa produk mereka berfungsi. Padahal, itu hanyalah promosi penjualan," papar Messina. Kita tidak perlu merasakan geli atau terbakar saat obat kumur melakukan tugasnya.

Pada akhirnya, obat kumur hanya berfungsi untuk "penyegar" mulut. Sebenarnya, kita tidak membutuhkannya, namun jika Anda merasa memiliki masalah bau mulut, tidak ada salahnya menggunakan obat kumur sekali dalam sehari.