Kura-kura Tertua di Dunia Mandi untuk Pertama Kalinya Setelah 184 Tahun

By , Senin, 28 Maret 2016 | 18:00 WIB

Jonathan merupakan kura-kura tertua yang diketahui hidup Bumi. Ia  telah mandi untuk pertama kalinya setelah 184 tahun. (Baca : Makanan Sehat Membantu Pemulihan Kesehatan Kura-kura Berusia 183 Tahun)

Jonathan dibantu oleh Dr. Joe Hollins, dokter hewan di salah satu pulau kecil di Inggris, Saint Helena untuk mandi. Dr. Hollins menggunakan sabun bedah, sikat lembut, dan loofah untuk mencuci kotoran dari cangkangnya sejak beberapa dekade lalu.

Jonathan lahir pada tahun 1832. Ia adalah kura-kura raksasa Aldabra (gigantea Aldabrachelys) yang lahir di Seychelles. Ia mencapai mahkota hewan tertua di dunia saat Harriet, kura-kura raksasa Galápagos berusia 175 tahun, mati pada tahun 2005.

Ia muncul di pulau itu ketika ia berusia 50 tahun, sebagai hadiah dari Seychelles untuk gubernur St Helena. Sejak itu, dia menjadi salah satu dari sedikit selebriti di pulau tersebut.

"Dia tampak jauh lebih bersih dan tampak menikmati seluruh kegiatan," kata Dr. Hollins.

(Baca pula : Kejahatan Satwa Dilindungi Kian Marak, Polisi Hutan Harus Ditambah)

"Jonathan berdiri seperti patung ketika saya sedang mencucinya, aku tidak tahu apakah itu getaran yang menenangkan baginya, atau dia berpikir 'Akhirnya, aku sudah mandi untuk pertama kalinya!'" pungkas Dr. Hollins.