Anjing Mengetahui Kanker Lebih Awal Daripada Anda

By , Senin, 28 Maret 2016 | 16:00 WIB

Seekor Labarador retriever dapat dengan efektif mendeteksi kanker seperti laboratorium, menurut sebuah penelitian yang sedang berlangsung dalam menguji kemampuan hidung anjing mengendus kanker pada pasien.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa anjing terlatih dapat mendeteksi kanker prostat melalui urin dengan tingkat akurasi sebesar 98 persen.

Dua ekor anjing jerman betina berusia 3 tahun ini dilatih oleh Italian Minsitry of Defense's Military Veterinary Center untuk mengenali kanker prostat melalui penguatan postif senyawa organik yang mudah menguap.

Anjing-anjing tersebut menganalisis lebih dari 400 contoh urin dan satu anjing mendeteksi kanker prostat dengan ketepatan mencapai 100 , sementara anjing kedua mencapai tingkat akurasi hingga 98,6 persen.

baca juga : 7 Makanan Ini Minimalkan Risiko Kanker

Namun Kanker prostat bukanlah satu-satunya jenis kanker yang dapat dideteksi oleh anjing. Sahabat terbaik manusia ini juga telah membuktikan bahwa hidung mereka dapat medeteksi kanker payudara, ovarium, usus, kandung kemih , kulit dan paru-paru melalui bau napas dari penderita kanker.

Kanker menyebabkan tubuh melepaskan senyawa organik tertentu yang dapat tercium oleh anjing namun manusia tidak, dan ilmuwan berharap bahwa dengan meneliti fenomena tersebut dapat membantu mereka suatu hari nanti untuk mengembangkan hidung anjing elektronik yang dapat mendeteksi kanker.

Dengan 220 sel penciuman yang berada di hidung anjing sedangkan manusia hanya 50 juta, diperkirakan bahwa hidung anjing dapat mencium bebauan hingga satu juta kali lebih baik daripada manusia.

Selain penelitian ilmiah, terdapat pula bukti anekdotal yang mengatakan bahwa anjing dapat mendeteksi kanker.

Banyak pemilik anjing yang menceritakan kisah dari hewan peliharaan mereka yang terus menerus mengendus atau menyenggol daerah tubuh mereka yang kemudian ternyata daerah tersebut adalah tempat dimana berasalnya tumor.

Itulah yang terjadi oleh Maureen Burns yang memiliki anjing berusia 9 tahun jenis collie mix, yang bernama Max, mulai berperilaku aneh. Anjing miliknya mengendus payudaranya dan mundur dengan apa yang disebut dengan tampilan sedih di matanya.

baca juga : 5 Jenis Kanker Terlangka di Dunia