Kick-Off Satu Dekade Toyota Eco Youth Dihelat di Bandung

By , Rabu, 30 Maret 2016 | 14:30 WIB

Toyota Indonesia yang terdiri dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) menyelenggarakan Kick-Off 1 Dekade Toyota Eco Youth (TEY) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/3).

TEY adalah lomba yang menjadi wadah para generasi muda kreatif untuk menyalurkan dan merealisasikan ide-ide mereka, guna membangun positive mindset atas kontribusi langsung kepada permasalahan lingkungan di sekolah mereka dan sekitarnya.

 “Kami sangat senang program Toyota Eco Youth dapat memasuki usia yang ke-10. Dalam setiap tahun pelaksanaannya, kami melihat antusiasme generasi muda Indonesia yang sangat tinggi untuk belajar mengenai kiat-kiat menanggulangi isu-isu terkait lingkungan hidup di sekitar kita,” ujar Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas dalam keterangan tertulisnya.

(Baca juga: Kilas Balik Science Project TEY 9)

TEY ke-10 ini mengusung tema “EcoSocioPreneur”. Menurut Made, program ini merupakan ajang bagi generasi muda untuk menerapkan pola pikir ramah lingkungan dalam menghadapi permasalahan lingkungan secara berkelanjutan yang dapat diaplikasikan sejak dini untuk dijadikan kegiatan bisnis di masa depan.

Para peserta akan diminta untuk mengajukan proposal Science Project dan Social Project di sekitar sekolah mereka untuk kemudian dinilai oleh dewan juri. Proposal yang dinilai layak, diberi kesempatan untuk merealisasikan proyek mereka dengan bantuan Toyota Indonesia. Selain itu, pemenang Best of the Best dari kedua kategori juga akan memperoleh hadiah tambahan yaitu studi banding ke Jepang.

(Baca juga:  Yuk, Daftarkan Tim Sekolahmu di Toyota Eco Youth ke-10)

Selain lomba karya ilmiah, pada TEY ke-10 ini juga terdapat lomba non-karya ilmiah berupa kompetisi video, foto, serta gambar dengan tema lingkungan secara online. Tujuannya yaitu untuk memperkuat keterlibatan siswa terhadap proyek berbasis ilmu pengetahuan lingkungan tersebut.

Program TEY 10 dimulai dengan serangkaian kegiatan sosialisasi di 8 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Manado, Medan, dan Denpasar. Dalam sosialisasi tersebut, peserta dapat berpartisipasi mengikuti workshop guna mempersiapkan diri berkompetisi di TEY 10.

(Baca juga: Antusiasme Pelajar Makassar Pada Sosialisasi TEY10)