Siapa Bilang Perempuan Tak Boleh <i>Solo Travelling?</i>

By , Jumat, 1 April 2016 | 19:30 WIB

Banyak perempuan yang ragu untuk traveling sendirian karena berbagai alasan, salah satunya keamanan. Padahal, jalan-jalan tanpa teman tak selalu menakutkan selama Anda tahu triknya. Kepercayaan diri yang kuat, pemikiran positif dan kemampuan menyesuaikan diri dengan budaya setempat merupakan kunci utama bersolo traveling bagi perempuan.

Selain ketiga kunci utama di atas, terdapat beberapa tips yang bisa kaum hawa lakukan jika berencana untuk bersolo traveling:

1. Selektif Memilih Pakaian yang Dibawa

Ingat, Anda akan pergi traveling, bukannya pindah rumah. Jadi, selektiflah dalam memilih pakaian yang akan di bawa. Pilih pakaian yang bisa dipadu padankan berkali-kali. Hindari membawa pakaian yang berpotensi memakan ruang dalam ransel atau koper Anda, namun tetap sesuaikan jenis pakaian dengan musim di tempat yang akan anda tuju. Jangan sampai Anda lupa membawa baju hangat ketika berkunjung ke Eropa di puncak musim dingin. Ingat, semakin ringkas bawaan Anda, semakin mudah pula perjalanan Anda nantinya.

 2. Rajin-rajin Mencari Informasi

Di era yang serba canggih seperti ini, segala informasi mengenai destinasi wisata bisa Anda dapatkan hanya melalui genggaman tangan. Perbanyak informasi tentang seluk beluk kota tujuan Anda, situasi terkini, kondisi cuaca dan kebiasaan budaya setempat.

3. Fokus Terhadap Rencana Perjalanan

Bukan hanya wanita, bahkan lelaki pun terkadang suka tidak fokus terhadap rencana perjalanannya. Karena terlalu bergembira membayangkan lokasi yang dituju, banyak orang akhirnya melupakan faktor keamanan diri sendiri. Untuk para wanita, ada baiknya melindungi diri dengan tidak berpakaian yang terlalu menarik perhatian orang banyak. Jangan menggunakan perhiasan-perhiasan berharga yang bisa mengundang orang jahat untuk melakukan tindak kriminal. Disarankan membekali diri dengan pepper spray untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin terjadi di jalanan.

(Baca juga artikel tentang mobil bekas)

4. Penginapan Strategis

Memilih penginapan merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebab kejahatan bisa saja terjadi di mana pun, termasuk di penginapan tempat Anda menginap. Sebelum sampai di kota tujuan, lakukanlah riset mengenai tempat-tempat penginapan di kota tersebut. Carilah penginapan yang memiliki fasilitas keamanan yang cukup, tak terlalu jauh dari pusat kota atau tempat-tempat wisata yang akan Anda singgahi.

 5. Beritahu Rencana Perjalananmu

Melakukan perjalanan untuk sedikit kabur dari rutinitas keseharian memang sah-sah saja. Tapi ingatlah untuk selalu memberitahukan rencana perjalanan kepada seseorang yang Anda percaya, misalnya orang tua, pasangan, atau sahabat. Ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski ingin berwisata sendirian, bukan berarti tidak boleh ada yang mengetahui kepergian Anda bukan?

(Baca juga: Tips Irit Gunakan Mobil Pribadi untuk Traveling)

Dengan mengikuti tiga kunci utama dan kelima tips di atas, perempuan tak perlu lagi ragu untuk melakukan solo traveling. Selalu jaga diri Anda dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa memancing kejahatan. Jangan mudah percaya orang asing dan selalu update kondisi perjalanan Anda kepada orang-orang terdekat seperti orang tua untuk meminimalisir kekhawatiran mereka akan perjalanan yang Anda lakukan sendirian.