Waktu Kelahiran Berperan Tentukan Alergi yang Anda Derita

By , Selasa, 5 April 2016 | 16:00 WIB

Para ilmuwan telah lama melihat korelasi  aneh antara hari lahir dan bagaimana mungkin kita mengalami masalah kesehatan tertentu, termasuk alergi.

Terima kasih kepada tim peneliti internasional, sekarang kita dapat mengetahui bagaimana hal ini dapat terjadi. Musim anda lahir dapat meninggalkan "penanda" tertentu pada DNA yang mempengaruhi kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr John Holloway, profesor di bidang alergi dan genetika pernapasan University of Southampton di Inggris.

"Jika kita bisa mengidentifikasi musim kelahiran yang menyebabkan masalah kesehatan tertentu, ini mungkin dapat dimodifikasi, yang memungkinkan untuk dilakukan pengembangan strategi pencegahan alergi," katanya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Allergy ini mengamati sampel DNA dari 367 orang berusia 18 tahun yang lahir di Isle of Wight, Inggris. Mereka menganalisis penanda khusus, yang disebut metilasi DNA dalam sampel, dan memeriksa apakah penanda yang berbeda dapat dikaitkan dengan waktu seseorang dilahirkan, dan apakah mereka menderita dari penyakit alergi, termasuk asma dan eksim.

Para peneliti kemudian mengukur seberapa rentan setiap orang untuk mengembangkan alergi tersebut, dan mencatat peserta yang melaporkan menderita demam, asma atau eksim ketika mereka berusia 1, 4, 10, dan 18 tahun.

Ternyata kita membawa penanda DNA tertentu hingga dewasa, dan beberapa terkait dengan musim kita lahir dan kemungkin kita menderita alergi tertentu.

Para peneliti mencontohkan, seperti sesorang yang lahir pada musim gugur cenderung mengalami peningkatan risiko eksim. Sedangkan anak yang lahir di musim gugur atau musim dingin mungkin memiliki kesempatan lebih tinggi terkena asma.