3 Fakta Seputar Kopi

By , Selasa, 5 April 2016 | 12:00 WIB

Sahaba pecinta kopi ? Ada baiknya mengetahui beberapa fakta menarik terkait kopi di bawah ini.

Kopi baik untuk anda

Beberapa studi terpisah pada tahun 2014, 2015 dan 2016 menemukan kopi baik untuk jantung Anda. Kopi dapat menurunkan risiko serangan jantung, dan mungkin mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini seperti laporan terbaru dalam jurnal Circulation, satu hingga lima cangkir kopi sehari umumnya dapat mengurangi risiko kematian dini. Sebuah studi yang dirilis pada Maret 2016 menemukan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko multiple sclerosis (MS).

Kafein meredakan rasa sakit

Dosis umum kafein (setara dengan dua cangkir kopi) dapat meredakan nyeri otot pasca gym, sebuah temuan dari penelitian kecil. Hanya saja, penelitian itu dilakukan pada orang-orang yang bukan peminum kopi biasa. Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebelum duduk bekerja di depan komputer merasakan sakit leher dan nyeri bahu yang berkurang. Namun memang belum ada penelitian yang memadai untuk menarik kesimpulan tegas pada kemungkinan ini.

Kafein membuat Anda terjaga sepanjang malam

Para ahli kesehatan menyarankan menghindari kopi selama 6 jam sebelum tidur, karena efek kafein bisa bertahan beberapa jam. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa kafein dapat membingungkan jam internal tubuh Anda, membingungkan sinyal yang memberitahu Anda waktu untuk tidur. Pekerja shift malam dapat meminum kopi selama jam kerja, dan akan mengganggu waktu tidur siang mereka.