Geli saat Menggelitik Diri Sendiri? Hati-hati Bisa Jadi Anda Menderita Skizofrenia

By , Minggu, 10 April 2016 | 11:00 WIB

Pernahkah Anda iseng dan mencoba menggelitik diri sendiri? Tidak geli saat menggelitik diri sendiri? Bagus, mungkin Anda tidak akan menderita skizofrenia. (Baca : Apakah Skizofrenia Ada dalam Gen Kita?)

Saat menggelitik diri sendiri, Anda mungkin mengira akan mendapatkan sensasi yang sama dan rasa geli yang sama. Namun, seringkali yang terjadi adalah Anda tidak merasa geli sama sekali. Hal itu ternyata sangat normal. Saat orang menggelitik kita, reaksi yang muncul di otak ada dua. Pertama adalah sensasi digelitik kemudian kedua kekagetan otak.

Ketika menggelitik diri sendiri, efek kaget pada otak itu tidak ada. Kita sudah tahu akan digelitik oleh diri sendiri sehingga tidak muncullah rasa geli tersebut. Jadi, seharusnya tidak mungkin kita bisa membuat diri sendiri geli.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kegiatan sederhana menggelitik diri sendiri ini bisa digunakan untuk melihat apakah kita mengidap skizofrenia. Menurut para peneliti, orang yang menderita skizofrenia bisa menggelitik diri sendiri dan merasa geli.

Hal ini terjadi karena mereka yang menderita skizofrenia otaknya tidak bisa mendeteksi bahwa ia akan melakukan gerakan menggelitik diri sendiri. Akibatnya, otak tetap merasa kaget ketika penderita skizofrenia menggelitik dirinya sendiri.

(Baca pula : Kenali Skizofrenia, Tangani Sedini Mungkin!)

Walau terkesan sederhana, reaksi atas diri kita yang geli atau tak geli saat menggelitik diri sendiri mampu menjelaskan banyak hal. Sebuah gerakan kecil ini rupanya memicu rangkaian reaksi kompleks di otak yang masih harus diteliti untuk menjelaskan berbagai hal.