Lebah Ini Mengolah Sarang Berbagai Warna seperti Pelangi

By , Minggu, 10 April 2016 | 09:00 WIB

Lebah biasanya membuat sarang berwarna cokelat, krem, atau warna-warna lain yang dekat dengan itu. Namun lebah lucu ini bisa membuat sarang berabgai warna seperti pelangi.

Lebah adalah hewan yang tidak favorit. Sebagian besar orang takut dengan lebah karena mereka bisa menyengat dan membuat tubuh menjadi bengkak serta sakit. Itu mungkin anggapan sebagian besar orang yang belum mengenal lebah.

Tidak semua lebah bersifat agresif. Ada dari mereka yang ramah dan tak suka menyengat. Bahkan ada lebah yang bisa membuat rumah sangat ceria karena berwarna-warni seperti pelangi.

Lebah-lebah lucu ini tentu tidak membuat sarang mereka secara sengaja dalam berbagai warna. Mereka membuat rumah yang berwarna-warni ini karena koloni tersebut berada dalam eksperimen. Eksperimen unik ini sendiri dilakukan oleh Mattia Menchetti, seorang murid Biologi asal University of Florence.

Menchetti sadar bahwa ia bisa membuat lebah kertas Eropa untuk membuat rumah yang berwarna-warni dengan menyediakan bahan bakunya. Dalam eksperimen tersebut. Menchetti merawat lebah dan memberi mereka kertas warna-warni. Dengan bahan baku tersebut, koloni lebah ini ternyata kemudian bisa membuat rumah yang berwarna ceria.

Kejadian mirip dengan eksperimen ini juga pernah terjadi tahun 2012 silam. Sejumlah pemelihara lebah di Perancis sempat kaget karena madu yang mereka hasilkan berwarna hijau dan biru. Alasannya ternyata lebah-lebah itu mengumpulkan gula yang didapat dari pabrik cokelat M&M yang cangkangnya berwarna hijau dan biru.