Peneliti Mengklaim Telah Temukan Citra Nessie

By , Kamis, 21 April 2016 | 18:00 WIB

Ini bukan menjadi akhir dari pencarian monster laut paling terkenal di dunia, walau para peneliti maritim mengatakan mereka telah menemukan citra monster danau, Nessie. (Baca : Misteri Penampakan Loch Ness Terungkap)

Yah ... mungkin memang bukan monster danau Nessie seperti yang dilegendakan, hanya visi dari binatang itu. Penemuan ini dilakukan sebagai bagian dari survei danau oleh perusahaan Norwegia, Kongsberg Maritime dan dua kelompok lokal, The Loch Ness Project dan VisitScotland.

Surveyor mengerahkan Autonomous Underwater Vehicle (AUV) yang disebut MUNIN. MUNIN berbunyi ketika menemukan visi yang nampak seperti Nessie tengah berbaring di dasar laut terdalam kedua di Skotlandia.

Gambar jelas menunjukkan tubuh dan kepala yang tampak sangat (seperti gagasan kita kebanyakan) seperti Nessie. Berdasarkan foto kasar, Nessie berada di dalam air.

Monster yang Lama Menghilang

Pada kenyataannya, gambar itu adalah Nessie! Hanya bukan Nessie yang nyata. Sebenarnya visi tersebut adalah Nessie buatan yang telah lama lama hilang, tenggelam pada tahun 1970. Nessie buatan merupakan properti dari film The Private Life of Sherlock Holmes yang disutradarai oleh Billy Wilder. Saat itu mereka mengambil adegan di sekitar danau.

MUNIN atau robot bawah air itu pada awalnya tidak mencari Nessie, tetapi menemukan Nessie merupakan bonus tambahan untuk Kongsberg. Tim peneliti berencana untuk tetap menempatkan MUNIN di danau yang terkenal dalam, dan sulit untuk disurvei tersebut.

(Baca pula : Reptil Nessie Berenang Seperti Penguin)

Jadi, bersabarlah, mungkin suatu saat Nessie benar akan ditemukan.