Kanibalisme antar Buaya

By , Selasa, 19 April 2016 | 20:00 WIB

Ini adalah dunia buaya-makan-buaya yang terjadi di Florida. Seekor buaya besar Amerika terekam pekan ini mengunyah habis anggota satu spesiesnya yang lebih kecil. (Baca : Mumi dari Seekor Buaya Purba di Temukan di Mesir)

Aksi mengerikan ini direkam oleh Alex Figueroa di cagar alam Circle B Bar, Lakeland (13/4). Figueroa memperkirakan buaya besar itu berukuran 11 sampai 12 kaki (3,3-3,7 meter).

Christopher Brochu, seorang profesor di University of Iowa yang mempelajari buaya mengatakan bahwa ia tidak pernah melihat perilaku kanibalisme seperti itu pada manusia, namun itu tidak biasa terjadi pula pada buaya.

"Buaya sangat oportunis, dan akan makan apa pun yang dapat mereka temukan, apa pun yang dapat ditampung ke tenggorokan mereka adalah makanan," kata Brochu. Ini termasuk buaya lainnya, hidup atau mati.

Tidak jelas dari video apa yang sebenarnya terjadi sebelum buaya besar mulai menyantap teman satu spesiesnnya itu. Brochu belum sempat menghubungi Figueroa, namun kemungkinan besar buaya kecil itu sudah mati. Kemungkinan lainnya, dua hewan tersebut berada h dalam pertarungan yang menyebabkan kematian buaya yang lebih kecil. Predasi disengaja juga masuk dalam kemungkinan lainnya.

Buaya adalah makanan untuk ikan besar, bangau, dan rakun, sehingga mereka cenderung  belajar untuk waspada. Ibu (dan ayah dalam beberapa spesies buaya) yang membantu menjaga mereka untuk sementara waktu, tetapi pada akhirnya mereka bergantung pada diri sendiri. Dengan demikian, mereka cenderung untuk waspada terhadap buaya lainnya, terutama yang lebih besar.

Buaya jantan bertindak agresif dan teritorial selama musim kawin, yang cenderung terjadi pada Maret sampai Juni. (Baca pula : Di Tempat Ini, Burung Kutilang Jadi Pakan Buaya)

Buaya Amerika (Alligator mississippiensis) adalah cerita yang jarang sukses dalam hal konservasi. Keberadaan hewan yang hampir musnah karena perburuan dan pembangunan manusia ini telah kembali pulih dan kuat. Itu semua berkat perlindungan hukum dan kebangkitan peternakan buaya yang memenuhi permintaan untuk kulit dan daging mereka.

Jumlah hewan-hewan sekarang relatif umum di air tawar sungai, danau, rawa, dan rawa-rawa di Amerika Serikat bagian tenggara, khususnya Florida dan Louisiana.

Reptil ini adalah perenang tertinggi. Buaya jantan memiliki panjang rata-rata 10 sampai 15 kaki (3 sampai 4,6 meter) dan berat seribu pound (454 kilogram). Sedangkan betinanya tumbuh maksimum sekitar 9,8 kaki (3 meter).