Teleskop Hubble NASA Temukan Galaksi Elegan

By , Rabu, 27 April 2016 | 12:00 WIB

Gambar terbaru dari teleskop ruang angkasa NASA, Hubble menunjukkan galaksi NGC 4111 yang indah nan elegan. Terletak sekitar 31 juta tahun cahaya dari galaksi kita, NGC 4111 merupakan galaksi di konstelasi Canes Venatici.

Menurut para astronom, galaksi lenticular adalah jenis galaksi menengah antara elips dan spiral. Mereka menjamu bintang tua seperti galaksi elips, dan memiliki disk seperti spiral. (Baca : Apa yang Membuat Galaksi Begitu Cemerlang?)

Namun, di situlah akhir kesamaannya. NGC 41111 berbeda dari galaksi elisp karena mereka memiliki tonjolan dan disk tipis, dan berbeda pula dari galaksi spiral karena cakram lenticular mengandung sangat sedikit gas dan debu, dan tidak memiliki banyak struktur yang merupakan karakteristik dari spiral.

Dalam gambar yang diambil oleh Hubble ini, kita dapat melihat disc dari NGC 4111 berada di tepi, sehingga muncul seperti sepotong tipis cahaya di langit. (Baca juga : Gambar Menakjubkan Galaksi Bima Sakti dari Belahan Bumi Selatan)

Pada pandangan pertama, NGC 4111 tampak seperti sebuah galaksi yang cukup lancar, namun ada fitur yang tidak biasa dan menganggapnya sebagai tidak seperti tempat yang damai.

Berjalan melalui pusatnya, di sudut kanan ke disk tipis, adalah serangkaian filamen, siluet inti terang galaksi. Ini terbuat dari debu, dan ilmuwan berpikir mereka terkait dengan sebuah cincin dari bahan yang mengelilingi inti NGC 4111.

Karena tidak selaras dengan disk utama galaksi, kemungkian cincin polar dari gas dan debu sebenarnya adalah sisa-sisa galaksi lebih kecil yang ditelan oleh NGC 4111 di waktu lalu. (Baca pula : Hubble Mematahkan Rekor Jarak Galaksi Terjauh)

Gambar dari NGC 4111 terdiri dari eksposur terpisah yang diambil di bagian terlihat dan ultraviolet dari spektrum dengan kedua kamera Hubble, yakni Wide Field Planetary Camera 2 (WFPC2) dan Advanced Camera untuk Survei (ACS).