Bertahun-tahun jadi Harimau Sirkus, Hoover Akhirnya Bebas

By , Rabu, 27 April 2016 | 10:00 WIB

Hoover akan diterbangkan dari Peru ke Florida, di mana ia akan menetap di rumah baru di Tampa setelah seumur hidup ia menderita. (Baca : Kembalikan Populasi, Kamboja Akan "Impor" Harimau dari India)

Hoover telah menghabiskan hampir 12 tahun melakukan trik dengan sirkus keliling di Peru. Perjalanan mengerikan hidupnya layaknya kisah thriller laris. Gerakan Operation Spirit of Freedom ini bentukan Jan Creamer dan Tim Philips. Mereka merupakan pendiri Animal Defenders Internatioan (ADI), sebuah organisasi berbasis di Inggris yang didedikasikan untuk menghentikan penyalahgunaan hewan dan memperlakukan hewan dalam kesulitan.

Pada tahun 2012 setelah dua tahun investigasi dan kampanye publik oleh ADI yang mempublikasi penyalahgunaan hewan di sirkus Amerika Latin, akhirnya Peru melarang penggunaan binatang liar.

Penegakan larangan berarti luas, terasuk halnya memindahkan mereka ke fasilitas, merawat mereka, hingga menemukan rumah baru para hewan. Kurang pengalaman dalam pekerjaan semacam ini, pemerintah Peru meminta bantuan ADI, yang melancarkan Operasi Spirit of Freedom.

Membangun penyelidikan awal, ADI menyurvei enam sirkus keliling Peru, melacak lokasi tur mereka dan mengambil inventarisasi hewan. Penggerebekan pertama terjadi pada akhir Agustus 2014, dengan truk yang dikirim untuk bersembunyi di dekat sirkus dan menunggu saat yang tepat untuk bergerak.

Di Peru, operasi membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan. "Perlawanan dari pemilik sirkus, bersama-sama dengan banyak tempat untuk bersembunyi di pegunungan dan hutan, telah membuatnya menjadi sulit," Philips menjelaskan.

Selama berbulan-bulan, rombongan sirkus menghindari pihak berwenang sampai bulan Juli 2015. ADI menerima saran tentang dua di desa-desa di Peru utara, dekat perbatasan dengan Ekuador.

ADI dan otoritas Peru menggerebek rombongan sirkus, hanya tersisa Hoover, satu-satunya harimau yang masih hidup (dari 12 atau lebih). (Baca pula : Harimau Dinyatakan Punah di Kamboja)

Hidup Baru Hoover

Ketika ADI menyelamatkan Hoover, Creamer mengatakan, ia adalah seekor harimau yang tidak terlalu sehat dan lemah, dengan perawatan dari ADI, ia telah membaik, membangun kekuatan dan meningkatkan berat badan.

"Namun, mengingat sejarahnya, kami percaya dia akan selalu perlu dipantau," ungkap Philips.

"Dia hanya tidak memiliki kehidupan yang baik," kata Creamer.

Itu akan berubah. Setelah penerbangan tujuh jam dari Lima disertai dengan Creamer dan Philips, Hoover akan mendarat di Miami dan diangkut dengan truk ke negara bagian di Tampa. Pada cahaya pertama 23 April (ulang tahun ke-12 Hoover) ia akan dilepas ke rumah barunya, kandang yang luas di Big Cat Rescue diisi dengan pohon-pohon rindang, rumput yang lembut, dan sebuah danau musim semi.

"ADI percaya Big Cat Rescue akan memberikan rumah yang indah untuk Hoover," kata Philips. (Baca pula : Mempertanyakan Kembali Kepunahan Harimau Jawa)

"Kucing-kucing cukup bisa manja berada sini," kata Susan Bass, direktur hubungan masyarakat organisasi.