Satelit Perancis akan Uji Teori Relativitas Einstein

By , Sabtu, 30 April 2016 | 16:00 WIB

Sebuah satelit Perancis, baru saja diluncurkan. Satelit tersebut akan menguji teori dasar terkenal fisika dari inovator Albert Einstein. Jika teori ini terbukti salah, dampaknya akan merusak seluruh dasar fisika.

(Baca : Satelit Lapan A3/IPB Diluncurkan Juni)

Satelit, yang disebut Mikroskop akan menguji konsep bahwa dalam ruang hampa, semua badan jatuh pada kecepatan yang sama. Sebuah gagasan yang didasarkan dari teori relativitas umum Einstein, yang membuatnya terkenal.

Prinsip ini telah diuji sebelumnya, tetapi menurut lembaga ruang angkasa Perancis, percobaan ini akan lebih kompleks daripada pendahulunya. Percobaan akan menguji gagasan bahwa dua benda dari bobot yang berbeda akan berperilaku dengan cara yang sama dalam ruang hampa.

Kapal satelit, dua massa silinder - yang terbuat dari titanium dan satu dari paduan platina-rhodium - akan dikendalikan untuk tetap bergerak. Jika gaya yang sama dapat diterapkan, dan masing-masing tetap diam, maka prinsip diverifikasi. Jika dibutuhkan berbagai tingkat kekuatan, ide Einstein akan terbukti salah, dan konsep-konsep dasar fisika harus dikaji ulang.

(Baca pula : Beginilah Cara Satelit Temukan Bangkai Kapal Karam)

Lembaga ruang angkasa Perancis CNES belum mengatakan kapan percobaan akan selesai.