Meteor Hijau Besar Tertangkap Kamera Melintasi Langit Malam California

By , Senin, 2 Mei 2016 | 12:00 WIB

Langit California disayat dengan cahaya hijau beruntun secara tiba-tiba pada Selasa malam (26/4). Bersama dengan peristiwa di langit, media sosial juga dihebohkan dengan dengan pemandangan hijau berkedip misterius tersebut. Orang dengan cepat mulai berspekulasi apakah itu meteor, sepotong sampah antariksa, atau alien.

(Baca : Sekilas Peristiwa Astronomi di Tahun 2016)

Penampakan tersebut dilaporkan terjadi sekitar 22:00 waktu setempat oleh lebih dari 125 orang dilansir dari American Meteor Society. Kebanyakan pelapor tinggal di California selatan, meskipun beberapa yang beruntung berhasil menangkap sekilas sejauh California utara, bagian selatan perbatasan Meksiko, dan bahkan satu penampakan di Arizona.

Berita lokal melaporkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa benda tersebut tidak berkorelasi dengan salah satu dari 16.000 lebih daftar benda yang terlacak pada orbit di Daftar Satelit USSTRATOM dan situs yang tersedia untuk umum di http://www.space -track.org. Sehingga dapat disimpulkan bahwa benda tersebut bukanlah benda buatan manusia yang kembali masuk ke Bumi.

Jawaban paling mungkin adalah itu mungkin sebuah meteor yang menghantam atmosfer Bumi dan terbakar. Awal tahun ini, sebuah meteor dikonfirmasi menyebabkan cahaya beruntun hijau besar yang sama di langit malam di Irlandia, kebetulan terjadi pada Hari St Patrick.

Kamera sempat menangkap dan mengabadikan peristiwa ini dari balik dashboard mobil. Benda asing yang melintas dapat dilihat di detik 00:11, muncul dengan didukung latar belakang musik yang sesuai.