Peduli Pendidikan, Toyota Donasikan Ratusan Ribu Bahan Bacaan ke 400 Sekolah

By , Selasa, 3 Mei 2016 | 07:00 WIB

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia,  Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan program Coorporate Social Responsibilty (CSR) berupa donasi  375.260 eksemplar bahan bacaan ke-400 sekolah di seluruh Indonesia.

Selama setahun ke depan,  400 sekolah yang terdiri dari 200 SMA dan 200 SMK akan mendapat bantuan berupa majalah National Geographic Indonesia (untuk SMA) dan majalah Car & Tuning Guide (untuk SMK).

Pada tahap awal yang dilaksanakan di bulan Februari 2016, TAM dan Kompas Gramedia sebagai media partner telah mendistribusikan surat kabar harian Kompas ke-340 sekolah di seluruh Indonesia dan akan terus berlanjut selama setahun.

“Program ini diharapkan dapat menstimulus minat baca anak-anak yang duduk di bangku sekolah menengah, “ ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto, Senin (2/5).

Selain itu, sambung Henry, bantuan ini juga sebagai bagian dari upaya menghidupkan perpustakaan sebagai salah satu sarana vital di sekolah.

Program ini merupakan kelanjutan dari rangkaian program donasi Toyota Motor Oil (TMO) Lubricants, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para guru dan siswa sekolah menengah atas, khususnya pengetahuan di bidang lingkungan dan teknologi otomotif.!break!

“Dengan wawasan yang luas, diharapkan generasi muda kita tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berkualitas dan dapat berkontribusi positif untuk negara,” tukas Henry.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto saat acara pendonasian 375.260 eksemplar bahan bacaan ke 400 sekolah menengah di seluruh Indonesia selama setahun sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan. (Yunaidi/National Geographic Indonesia)

Program donasi tersebut direspon positif oleh pihak-pihak sekolah. Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Humas SMA 34 Jakarta, Tatin Indartini mengatakan bahwa sinergi dari pihak pemerintah dan swasta memang sangat diperlukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. 

Menurut Tatin, semakin banyak koleksi buku yang ada di perpustakaan akan semakin membuat anak-anak penasaran. “Dari situlah minat untuk membaca akan tumbuh,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa donasi bahan bacaan sekaligus mendukung program literasi yang tengah digalakkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 13 Jakarta, Subarno. Ia menuturkan bahwa di sekolahnya telah diterapkan program literasi. “Setiap 15 menit terakhir sebelum pulang sekolah, siswa-siswi di sekolah kami diberi kesempatan untuk membaca bacaan apa saja yang non akademik. Bantuan dari Toyota, nantinya akan menambah bahan bacaan untuk anak-anak,” ungkapnya.

Masih sebagai bagian dari donasi TMO ini, hingga April 2017 TAM terus melaksanakan berbagai aktivitas yang berkesinambungan, antara lain Newsworthy Character Workshop untuk para guru dan pelatihan jurnalistik untuk para siswa yang diselenggarakan oleh rekan-rekan jurnalis Kompas Gramedia Group.

Selain mendonasikan bahan bacaan, program CSR Toyota di bidang pendidikan antara lain Toyota Technical Education Program (T-TEP), Toyota Bercerita, donasi sarana prasarana sekolah, dan pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu melalui Yayasan Toyota dan Astra.

Tidak hanya di bidang pendidikan, Toyota juga aktif dalam kegiatan CSR di bidang lingkungan bagi para siswa SMA dan sederajat. Salah satunya melalui Toyota Eco Youth, yang berupa edukasi ke sekolah-sekolah dan menstimulasi siswa untuk melakukan inovasi di bidang lingkungan.