Endeavour, Kapal Penjelajah Legendaris yang Hilang Ditemukan di Rhode Island ?

By , Senin, 9 Mei 2016 | 19:00 WIB

Salah satu kapal hilang paling terkenal dalam sejarah mungkin akan ditemukan. Endeavour, kapal milik James Cook telah lama menghilang. Ada laporan mengatakan bahwa lokasi akhirnya dari seluruh dunia kemungkinan berada di perairan Newport, Rhode Island.

(Baca : Bangkai Kapal Penjelajah Portugis Vasco da Gama Ditemukan)

Dilansir dari situsnya, Rhode Island Marine Archaeology Project (RIMAP) akan mengumumkan bahwa antara 80 persen - 100 persen, mereka yakin dan tahu lokasi kapal penjelajah legendaris yang hilang.

Organisasi itu mengatakan Endeavour berganti nama menjadi Lord Sandwich setelah pelayaran pertama Cook. Kapal digunakan sebagai transportasi untuk tentara Inggris dalam Revolusi Amerika, dan kemudian ditenggelamkan di Newport Harbor pada Agustus 1778 dalam Pertempuran Rhode Island.

(Baca juga : "Kapal Goyang, Kapten! Kapal Goyang, Kapten!")

RIMAP menggunakan dokumen dari London untuk menemukan bahwa HMS Endeavour / Lord Sandwich adalah salah satu dari 13 kapal yang tenggelam di pelabuhan selama pertempuran. Organisasi ini percaya kapal berada di daerah yang sama dengan lima kapal lain yang ditenggelamkan. Empat kapal liannya juga sudah dipetakan dari situs kecelakaan.

Cook menggunakan kapal selama tahun 1769-1771 dalam perjalanannya ke seluruh dunia. Walaupun ia bukan orang Eropa pertama yang menemukan Selandia Baru atau Australia, ia adalah orang pertama yang mengelilingi Selandia Baru, dan pertama yang mendarat di pantai timur Australia, dan memberi nama New South Wales, selama pelayaran.

Cook juga "menemukan" Great Barrier Reef pada tahun 1770. Awak kapal mampu membebaskan Endeavour dan membawanya ke Sungai Endeavour selama tujuh minggu untuk perbaikan. (Baca pula : Puing Kapal Kuno Ditemukan, Tak Ada Jejak Pesawat MH370)

Eksplorasi Cook telah membuatnya menjadi pahlawan nasional di Australia, dan Australian National Maritime Museum memberikan hibah untuk mendanai bagian dari pekerjaan RIMAP ini.