Tiap Musim Panas Air Danau di Oregon Tersedot Lubang Misterius

By , Senin, 9 Mei 2016 | 16:00 WIB

Ada sebuah danau di Oregon yang menghilang setiap musim semi, tak heran masyarakat di sekitar menyebutnya Lost Lake. Air danau menghilang tersedot ke dalam sebuah lubang misterius. (Baca : Warna Air Danau Kelimutu Berubah dari Hijau Tua Menjadi Merah Hati)

Lubang misterius itu ternyata merupakan salah satu peristiwa geologi langka yang disebut lava tube. Lava tube terbentuk ketika lava mendingin di permukaan, namun lava panas masih mengalir di bawahnya. Ketika lava panas mengalir jauh, ia meninggalkan sebuah lubang kosong.

Pada awal musim semi, danau terisi air dari pencairan salju pegunungan Cascade di dekatnya. Lubang tersebut memiliki lebar 1,8 meter (6 kaki). Di akhir musim semi, danau tiba-tiba mengering, air danau tersedot ke dalam lava tube, Lost Lake berubah menjadi padang rumput yang damai. Siklus ini terjadi setiap tahun.

Dahulu, warga sempat ingin menutup lubang tersebut, namun setelah dijelaskan apa dampak yang akan terjadi jika lava tube ditutup (seperti kebanjiran), warga pun mengurungkan niatnya. (Baca pula : Adakah Danau Kembar di Gorontalo?)

Anda dapat melihat video menghilangnya danau ke dalam lubang misterius tersebut.