Sony Patenkan Lensa Kontak yang Bisa Merekam dan Memutar Video dalam Satu Kedipan Mata

By , Selasa, 10 Mei 2016 | 18:00 WIB

Sony telah mengajukan paten untuk lensa kontak pintar yang memungkinkan Anda untuk merekam dan memutar kembali video. Raksasa teknologi asal Jepang itu menggambarkan gagasan tersebut sebagai lensa kontak dan memori yang mampu mengendalikan unit penangkap gambar.

(Baca : Google Patenkan Metode Ambil Darah Tanpa Jarum)

Paten ini membuat referensi penggunaan teknologi wireless yang dapat terhubung dengan smartphone. Pengguna juga akan dapat membolak-balik perintah yang berbeda dengan sekejap mata, seperti perintah untuk mengambil foto. Ini akan membedakan kedipan sadar dan tidak sadar melalui perbedaan dalam durasi berkedip. Anda mungkin tidak akan berharap banyak dari kamera sejauh kualitas yang bersangkutan, tapi paten Sony mengatakan akan dapat menyesuaikan zoom, fokus, dan aperture seperti teknologi pada kamera smartphone saat ini.

Mungkin janji yang paling menarik dari lensa ambisius ini adalah kemampuan untuk merekam dan memutar video. Sejak lensa dilengkapi dengan penyimpanan internal dan layar sendiri, Anda secara efektif akan dapat kembali melihat-momen kehidupan Anda, cukup dengan menutup mata Anda.

(Baca pula : Girls Power, Aplikasi Penyelamat Anak India dari Pernikahan Dini)

Aplikasi paten belum ditinjau, jadi ini bukan berarti hal yang pasti, terutama karena tidak banyak teknologi yanga ada saat ini. Namun demikian, sudah ada beberapa petunjuk baru-baru ini bahwa teknologi lensa kontak menjadi bagian dari perlombaan senjata antara perusahaan teknologi. Hal itu terungkap bulan lalu bahwa Samsung mengajukan paten untuk lensa kontak cerdas, dan Google juga memiliki paten serupa dengan mereka.