Lifetime Achievement Award untuk Jakob Oetama dari KPI Pusat Award

By Warsono, Sabtu, 18 Desember 2021 | 19:18 WIB
Jakob Oetama. (Pusat Informasi Kompas )

Nationalgeographic.co.id - Konsistensi Jakob Oetama di dunia jurnalistik serta sikapnya yang mengedepankan kemanusian membuatnya menerima Lifetime Achievement Award dalam acara KPI Pusat Award.

Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi mengamati konsistensi Kompas dari Kompas cetak dan mulai merambah di dunia penyiaran. Padahal, di tengah perkembangan media penyiaran yang semakin beragam, sesungguhnya mayoritas melihat televisi sebagai media hiburan.

"Jakob Oetama merupakan tokoh pers nasional yang mengedepankan humanisme dalam menyuarakan kebenaran," ucap Hadi seperti dilansir KompasTV, Jumat (17/12/2021).

"Kami melihat bahwa sosok almarhum Jakob Oetama bisa menjadi contoh yang lain. Juga dari sisi dedikasi beliau untuk pers jurnalistik termasuk sisi humanisnya, bisa menjadi contoh yang luar biasa," tambahnya.

Baca Juga: Jakob Oetama: Menjaga Api Jauh dari Kesan Menggurui

"Kami ucapkan terima kasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Bapak Agung Suprio, Ketua KPI Pusat Bapak Mulyohadi, Wakil Ketua Komisi Pusat serta komisioner KPI Pusat atas penghargaan ini, terima kasih," ucap CEO KG Lilik Utama.

Lilik, yang juga anak dari Jakob Oetama, enyebut bahwa penghargaan tersebut ditujukan juga bagi seluruh media di bawah naungan KG.

KG ini merupakan bagian dari usaha untuk ikut serta membangun sebuah Indonesia dalam lingkup kecil. Bagian dari cita-cita besar Indonesia yang didasarkan atas kesamaan manusia Indonesia. Seperti pesan yang pernah disampaikan Jakob.