Zebra Cross dengan Ilusi Optik Hadir di India

By , Selasa, 10 Mei 2016 | 16:00 WIB

Dua seniman India, Saumya Pandya Thakkar dan Shakuntala Pandya melukis gambar 3 Dimensi (3D) dengan ilusi optik yang membuat zebra cross tampak timbul di jalan raya Ahmedabad, kota di bagian barat India.

Ilusi optik zebra cross timbul karya Saumya dan Shakuntala menggunakan prinsip yang sama dari anamorfisme yang ditemukan di trompe l'oeils.

Lukisan zebra cross dengan ilusi optik ini dibuat sebagai pengganti gundukan penahan kecepatan atau biasa disebut polisi tidur. Keberadaan lukisan ini diharapkan dapat berguna untuk mengurangi kecepatan para pengendara kendaraan bermotor di area padat penduduk.

Upaya dua seniman ini mengikuti yang sudah ada di banyak tempat di dunia (terutama Tiongkok) untuk memberikan pengendara jeda literal untuk berpikir dan mengurangi kecepatan kendaraannya. Meskipun efektif dalam jangka waktu pendek, pengendara akan segera menyadari bahwa zebra cross timbul itu hanyalah tipuan mata, dan mereka akan mulai mengabaikan lukisan dengan ilusi optik tersebut serta tak lagi mengurangi kecepatan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal sains dan kesehatan National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa frekuensi pengendara memberikan kesempatan bagi pejalan kaki menyebrang melalui zebra cross hanya 5 persen. Pengendara cenderung tidak mematuhi hukum tentang batas-batas kecepatan di area zebra cross. Mereka tidak beradaptasi dengan kecepatan yang tidak membahayakan pejalan kaki yang sudah berada atau  hendak melangkah ke zebra cross.

Implikasi malang yang mungkin terjadi karena adanya temuan ini ialah pejalan kaki yang berpikir bahwa mereka dapat menyeberang jalan dengan aman menggunakan zebra cross dengan ilusi optik, justru bisa tertabrak pengendara yang sudah tahu dan mengabaikan zebra cross 3D tersebut.

Bagaimana pun, instalasi empat zebra cross dengan ilusi optik di jalan raya Ahmedabad yang didukung oleh Kementerian Perhubungan India tampaknya akan berguna selama beberapa bulan. Hanya waktu yang akan menunjukkan apakah pengendara akan menerima dan mematuhi aturan kecepatan di sekitar area zebra cross, atau justru mengabaikan keberadaan zebra cross 3D tersebut dan tetap melaju kencang.