Mengerikan, Penderita Penyakit Langka Ini Tak Bisa Tidur Selama Sisa Hidupnya

By , Selasa, 17 Mei 2016 | 16:00 WIB

Kesulitan tidur dalam satu malam mungkin masih normal. Namun penyakit langka ini membuat penderitanya tidak bisa tidur selama sisa hidupnya. (Baca : Sering Mendengkur Saat Tidur? Waspadai Serangan Stroke)

Tidak bisa tidur dalam satu atau dua hari mungkin masih bisa dikategorikan sebagai normal. Namun bagaimana bila kita tidak bisa tidur selamanya? (Baca pula : Tidur yang Cukup dan Rajin Olahraga Kurangi Risiko Stroke)

Pada kasus langka, ditemukan sebuah penyakit aneh bernama Fatal Familial Insomnia (FFI). Penyakit ini diderita oleh kakak beradik Lachlan dan Hayley Webb dari Queensland, Australia. Mereka adalah satu-satunya kakak beradik di dunia ini  yang menderita penyakit tersebut.

FFI merusak neuron dalam thalamus, bagian otak yang mengatur siklus tidur manusia. Saat seseorang terkena FFI, mereka tidak akan lagi bisa mendapatkan tidur lelap ataupun tidur dalam fase Rapid Eye Movement (REM) atau tidur yang masih mengalami mimpi.

Orang pertama yang terkena penyakit ini pada keluarga Webb adalah nenek Lachlan dan Hayley. Awalnya ia dideteksi menderita demensia dan kemudian mengalami halusinasi seta tak bisa berbicara. Setelah itu ia baru didiagnosis menderita demensia.

(Baca pula : Sulit Tidur di Tempat Baru, Ini Sebabnya)

Beberapa keluarga Webb yang lain ternyata juga meninggal karena FFI. Sekarang kakak beradik Webb juga sedang menunggu ajal mereka karena obat untuk penyakit ini belum ditemukan. Usia harapan hidup penderita FFI sendiri hanya 18 bulan saja. Semoga obat dari penyakit langka nan mengerikan ini segera ditemukan.