Suku Asli Amerika Dedikasikan Tanah dan Makanan untuk Lindungi Kupu-kupu Raja

By , Selasa, 17 Mei 2016 | 15:00 WIB

Tujuh suku asli Amerika di Oklahoma akan menyediakan habitat dan makanan di tanah mereka untuk kupu-kupu Monarch. Kupu-kupu Monarch atau Kupu-kupu Raja jumlahnya telah menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir, karena masalah di sepanjang rute migrasi mereka.

(Baca : Muncul pada 40 juta Tahun Lebih Awal, Apakah Serangga ini Nenek Moyang Kupu-kupu?)

Pemimpin suku mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa (10/5) di Shawnee, bagian tenggara Kota Oklahoma. Mereka akan menanam vegetasi penting bagi kupu-kupu, termasuk milkweed dan tanaman asli yang memproduksi, di tanah mereka.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah meningkatkan populasi lebah dan polinator, sehingga ketika kesempatan itu datang, itu sesuai dengan apa yang kami lakukan," ungkap Thalia Miller, direktur Departemen Hortikultura Chickasaw Nation, kepada wartawan.

Suku-suku akan bekerja dengan Universitas Kansas bersama Euchee Butterfly Farm dalam program Perlindungan kupu-kupu Raja di Bixby, Oklahoma. Proyek ini didukung dana hibah sekitar $ 250.000 dari Ikan Nasional dan Wildlife Foundation.

Jumlah kupu-kupu Raja telah menurun drastis selama bertahun-tahun akibat dari perluasan lahan pertanian dan perumahan. Para ahli mengatakan bahwa perluasan ini menebang habis jalur migrasi mereka.

Kupu-kupu Raja hanya bertelur pada tanaman milkweed, yang tumbuh liar di seluruh Amerika Serikat. Namun milkweed, yang larva kupu-kupu pakan, dapat menyebabkan masalah perut untuk ternak yang memakannya, sehingga peternak dan petani menghancurkan tanaman.

Kupu-kupu menghabiskan musim dingin di Meksiko dan kemudian pergi melalui beberapa generasi saat mereka terbang ke utara, melalui Oklahoma, dalam migrasi panjang mereka ke Kanada. (Baca pula : Pesawat Bertenaga Surya Mendarat dengan Selamat di Oklahoma)

Menurut Marcus Kronforst, seorang profesor ekologi dan evolusi di University of Chicago yang telah mempelajari kupu-kupu Raja, diperkirakan 1 miliar kupu-kupu Raja bermigrasi pada tahun 1996, namun hanya sekitar 35 juta yang melakukan perjalanan pada tahun 2013. Jumlah mereka telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih jauh di bawah dua dekade lalu.

"Suku-suku adalah pemimpin alami tentang masalah ini," kata Jane Breckinridge, wakil direktur dan pemilik Euchee Butterfly Farm, yang melahirkan banyak kupu-kupu.