Nebula Berwarna-warni dari Galaksi Tetangga Tertangkap Teleskop ESO

By , Rabu, 25 Mei 2016 | 09:00 WIB

Gambar terbaru nebula menunjukkan awan gas berwarna-warni mencolok LHA 120-N55 (N55). Gambar diambil oleh Very Large Telescope ESO (VLT), di Paranal Observatory di Chile. Bintang-bintang tampak menghiasi gas bermantelkan.

N55 adalah nebula emisi di Large Magellanic Cloud, galaksi yang terletak sekitar 163.000 tahun cahaya di konstelasi Dorado. (Baca : Ulang Tahun ke-26 Hubble, Astronom Rilis Foto Spektakuler Gelembung Nebula)

Objek ini terletak di dalam yang disebut superbubble LMC 4. Superbubbles ada setiap ratusan tahun cahaya. Mereka terbentuk ketika angin sengit dari bintang yang baru terbentuk dan gelombang listrik dari ledakan supernova bekerja bersamaan untuk menerbangkan sebagian besar gas dan debu yang awalnya mengelilingi mereka, lalu menciptakan rongga berbentuk gelembung besar.

Materi yang menjadi N55, bagaimanapun, berhasil bertahan dari sisa kecil dari gas dan debu.

Nebula mandiri dalam LMC 4 dan pengelompokan bintang biru dan putih cemerlang dikenal sebagai LH 72. Bintang-bintang di LH 72 yang hanya berjarak beberapa juta tahun, sehingga mereka tidak berperan dalam mengosongkan ruang di sekitar N55. Bintang-bintang juga bukan putaran kedua yang lahir di wilayah tersebut.

Cahaya yang kuat dari bintang biru-putih mengupas atom hidrogen terdekat pada electron N55. Ini menyebabkan gas yang bersinar merah muda pada karakteristik cahaya yang tampak.

Para ilmuwan memahami tanda-tanda gas hidrogen bercahaya yang melalui seluruh galaksi sebagai ciri lahirnya bintang baru. (Baca pula : Astronom Menangkap Foto Nebula Menakjubkan)

Sementara hal-hal tampaknya tenang di wilayah pembentuk bintang N55 untuk saat ini, perubahan besar terbentang di depan. Beberapa juta tahun kemudian, beberapa bintang besar dan cemerlang dalam asosiasi LH 72 akan mengalami supernova, menghambur isi N55 ini.