WHO Umumkan Kenaikan Angka Harapan Hidup Global

By , Senin, 23 Mei 2016 | 15:00 WIB

Data terbaru terkait angka harapan hidup menunjukkan kenaikan selama rentang lima tahun, yakni tahun 2000 dan 2015, peningkatan tercepat sejak tahun 1960-an. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang baru saja mengeluarkan laporan terbaru World Health Statistics, menemukan kesenjangan besar antara negara-negara, meskipun manusia saat ini hidup rata-rata lima tahun lebih lama sekarang daripada sebelum pergantian abad.

(Baca : Angka Bunuh Diri AS Meningkat Signifikan)

Angka yang kontras menunjukkan orang di 12 negara maju memiliki usia hidup hingga 82 tahun atau lebih, dibandingkan dengan orang-orang di 22 negara berkembang yang meninggal sebelum mereka mencapai usia 60 tahun.

Swiss, Islandia, Australia, Swedia, dan Israel adalah lima negara dengan harapan hidup tertinggi pada kelahiran, sementara Chad, Pantai Gading, Republik Afrika Tengah, Angola, dan Sierra Leone masuk peringkat terendah.

Afrika alami peningkatan tajam

Meskipun lima negara Afrika berada di bawah peringkat, WHO melaporkan peningkatan terbesar dalam angka harapan hidup sejak tahun 2000 telah terjadi di wilayah Afrika. (Baca pula : Tingkat Polusi Udara Meroket di Kota Termiskin Dunia)

Dasi Boerma, Direktur Informasi, Bukti dan Penelitan WHO mengatakan bahwa harapan hidup telah meningkat sebesar 9,4 tahun hingga 60 tahun di Afrika. Ia mengatakan bahwa ini terutama disebabkan oleh peningkatan kelangsungan hidup anak, kemajuan dalam pengendalian malaria dan, memperluas akses terhadap pengobatan anti-retroviral HIV.

Dilansir dari VOA, Ia mengatakan bahwa meskipun kesenjangan harapan hidup antara Afrika dan Eropa tetap besar, terobosan untuk mempersempit itu sedang dilakukan.

"Perbedaan angka harapan hidup antara Eropa dan Afrika pada tahun 2015 adalah 17 tahun. 78 tahun di Eropa, 61 tahun di Afrika. Pada tahun 2000, menjadi lima tahun lebih besar, "kata Boerma.

(Baca pula : Ini Dia 9 Kota di Eropa dengan Biaya Hidup Termurah)

Jika dirata-ratakan, wanita hidup lebih lama daripada pria di setiap negara di dunia. Secara keseluruhan, wanita memiliki usia harapan hidup hampir 74 tahun, lebih dari empat setengah tahun lebih lama daripada pria.