Ini Dia 17 Hewan Paling Langka di Dunia

By , Selasa, 24 Mei 2016 | 15:00 WIB

Dalam rangka Hari Spesies Langka 2016, Worl Wide Fund for Nature (WWF) baru saja mengumumkan 17 hewan paling langka di dunia. Yang menyedihkan, dari 17 itu, lima hewan di antaranya berasal dari Indonesia: badak jawa, gajah jawa, orangutan sumatera, badak sumatera, dan macan sumatera.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, kampanye Hari Spesies Langka kali ini lebih menekankan pada harapan agar semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, belajar tentang binatang-binatang yang terancam punah itu. Lebih dari itu, mereka juga harus tahu apa yang mesti dilakukan untuk melindungi hewan-hewan ini.

Itu artinya, seluruh kebun binatang, akuarium, taman, kebun raya, taman marga satwa, museum, sekolah, pusat-pusat komunitas, kelompok konservasi, dan organisasi lainnya, harus membuat satu agenda besar: edukasi tentang satwa-satwa liar. Mereka juga harus mulai memberi semacam ancaman apa yang harus dipertaruhkan jika manusia tidak segera mengubah perilakunya—terhadap hewan-hewan terancam punah itu.

Berikut ke-17 hewan paling langka di dunia:

  1. Macan tutul amur
  2. Badak hitam afrika
  3. Gorila cross river
  4. Penyu sisik
  5. Badak jawa
  6. Penyu belimbing
  7. Gorila gunung
  8. Trenggiling
  9. Saola
  10. Harimau china selatan
  11. Gajah sumatera
  12. Orangutan sumatera
  13. Badak sumatera
  14. Macan sumatera
  15. Vaquita
  16. Garila daratan lembah barat
  17. Lumba-lumba sungai Yangtze

Dengan mengetahui ke-17 hewan paling langka di dunia itu, setidaknya kita tahu apa yang harus kita lakukan untuk menjaga spesies-spesies tersebut tetap lestari di muka Bumi ini. Karena bagaimanapun juga, kerusakan dan kelangsungan kehidupan di Bumi tergantung tangan-tangan manusia yang ada di dalamnya.