Mathpix, Aplikasi Canggih yang Bisa Selesaikan Soal Matematika Hanya Lewat Foto

By , Jumat, 27 Mei 2016 | 13:00 WIB

Matematika dikenal sebagai salah satu mata pelajaran yang paling dihindari oleh para siswa, dan bukan hanya siswa saja, orang dewasa pun kadang malas jika harus dihadapkan dengan soal matematika. Solusi paling mudahnya adalah dengan menggunakan kalkulator, yang terkadang sulit juga apalagi jika masalah matematika yang harus dipecahkan cenderung rumit.

Nico Jimenez, mahasiswa S3 di Stanford University, bekerjasama dengan lulusan Stanford, Paul Ferrel dan dua siswa SMA, Michael Lee dan August Trollback memberikan solusi yang cukup menarik untuk menyelesaikan soal matematika. Mereka menciptakan aplikasi yang bisa menyelesaikan soal matematika hanya dalam beberapa detik melalui foto.

Aplikasi yang bernama Mathpix ini tampilannya terlihat seperti aplikasi kamera biasa. Cara menggunakannya juga mudah, cukup arahkan kamera pada soal matematika yang ingin diselesaikan, dan aplikasi ini akan menyelesaikannya, dan bahkan memberikan grafik jika diperlukan.

Salah satu kelebihannya, Mathpix juga akan memberikan penjelasan langkah-langkah cara menyelesaikan soal tersebut, dan bahkan memberikan beberapa metode yang bisa digunakan untuk menyelesaikannya. Keunggulan itu membuat Mathpix menjadi aplikasi pembelajaran yang baik.

Mathpix menggunakan teknologi image recognition untuk memproses soal matematika, lalu kemudian dikirm ke server untuk diselesaikan, jadi kemungkinan besar aplikasi ini membutuhkan koneksi internet juga.